Ditunjuk Menjadi Rumah Sakit Rujukan Pasien Virus Kalbar, Rosa Trifina : Kami Siap


WARTASINTANG.COM - Penyebaran virus corona baru atau COVID-19 di Indonesia semakin meningkat selama dua minggu terakhir. Sebagai langkah penanganan, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi sudah memberikan daftar rumah sakit rujukan virus corona.

Bahkan, guna mengantisipasi kemungkinan lonjakan pasien, pemerintah kini sudah menambahkan jumlah rumah sakit rujukan virus corona. Jika sebelumnya rumah sakit rujukan berjumlah 100 unit, kini bertambah menjadi 132 unit.

Untuk di Provinsi Kalimantan Barat sendiri RSUD Ade M Djoen merupakan salah satu rumah sakit rujukan pasien Virus Corona.

Terkait hal ini Direktur RSUD Ade M. Djoen Sintang, Rosa Trifina, menegaskan bahwa rumah sakit yang dipimpinnya siap menangani pasien virus COVID-19. 

“Alat Pelindung Diri (APD) sudah tersedia. Beberapa waktu lalu, kita sudah menyiapkan APD lengkap. Kemudian, ada juga bantuan dari pemerintah provinsi sebanyak 10 unit APD,” ujarnya saat memberikan pernyataan di aula Diskominfo, Jumat (13/3/2020). 

Selain itu, alat berupa media transpot virus untuk mengirim spesimen untuk diperiksa ke laboratorium juga sudah tersedia. Nanti, sampel akan dikirim ke Jakarta agar diketahui hasilnya.  

Selain itu ia juga menegaskan bahwa RSUD Ade M. Djoen Sintang telah menyiapkan tempat khusus untuk pasien yang akan dirawat nantinya. Selain itu tim RSUD Ade M Djoen juga telah melakukan simulasi penanganan pasien COVID-19.

Rosa Trifina mengatakan bahwa semua ini dilakukan sebagai bagian dari persiapan guna memastikan semua pelayanan dan tindakan medis sesuai dengan ketentuan perawatan pasien Virus Corona. (*)