Tingkatkan Daya Saing, Pengelolaan Pasar Perlu Inovasi dan Kreativitas

WARTASINTANG.COM – Pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli. Namun seiring berkembangnya teknologi, penjual dan pembeli bisa saja tidak bertatap muka dalam proses transaksinya. Inilah yang disebut dengan pasar online. 

Untuk itu Lim Hie Soen berharap pengelolaan pasar rakyat dapat dilakukan dengan efektif dengan mengedepankan inovasi dan terobosan kreatif dalam upaya penguatan pasar rakyat di Bumi Senentang, khususnya pada era persaingan global saat ini.

Menurutnya, salah satu tantangan yang dihadapi oleh pasar rakyat adalah terkait dengan pengelolaan untuk memajukan dan menguatkan pasar yang merupakan roda perekonomian masyarakat secara lokal.

“Tantangan yang dihadapi saat ini membutuhkan semangat inovasi dan terobosan kreatif dalam pengelolaan pasar rakyat agar terjadinya penguatan pasar pada era persaingan global yang kian terbuka lebar,” kata Lim Hie Soen, kemarin (9/11/19).

Sebagai penggerak roda perekonomian masyarakat, kata Lim Hie Soen, pasar juga merupakan sumber kehidupan yang memiliki fungsi strategis dan memiliki kedekatan dengan aspek sosial budaya dengan masyarakat setempat.

“Pasar rakyat perlu dikembangkan secara komprehensif dan holistik sehingga dapat meningkatkan daya saing,” ujar Lim Hie Soen.

Dikatakannya, bahwa pemerintah baik secara mandiri maupun bersama dengan pihak swasta bisa melakukan pembangunan maupun revitalisasi sarana perdagangan pasar rakyat. Setidakanya ada terobosan dan inovasi baru seperti program-program pasar rakyat.

Dan terobosan itu jangan melupakan teknologi. Inovasi dan Kreativitas yang dikombinasikan dengan teknologi bisa menciptakan terobosan luar biasa kedepannya. (*)