Rosinta : Kebijakan Pemerintah Pusat-Daerah Harus Sinkron dan Selaras


WARTASINTANG.COM – Rosinta Anggota Dewan dari Partai Nasdem menegaskan perlunya sinkronisasi dan penyelarasan kebijakan pemerintah pusat dengan program prioritas pemerintah daerah untuk tujuan pembangunan. Hal itu dikatakannya saat membacakan pandangan umum Nota Keuangan APBD Kabupaten Sintang Tahun 2019, Selasa (19/11/19).


“Harus disinkronkan, kalau tidak seirama maka sulit untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Rosinta.

Menurut Rosinta, kebijakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020 harus mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sintang. Maka dari itu, penting sinkronisasi antara program Pempus dan Pemerintah Kabupaten Sintang.

Demikian juga seharusnya program Pemerintah Desa pun selaras dan seirama dengan Program Pemerintah Daerah. Jika itu tercipta maka proses pembangunan akan berjalan terstruktur dengan baik, terutama untuk program skala prioritas seperti infrastruktur jalan, pendidikan, dan kesehatan.

“Yang masih menjadi masalah untuk kita semua adalah soal infrastruktur jalan, karena hampir 80 persen masih berstruktur tanah,” katanya.

Oleha karenanya, Rosinta menyarankan agar Pemerintah Kabupaten Sintang memiliki terobosan dan inovasi baru dalam membangun Sintang kedepannya. 

“Kalau tidak ada inovasi dan program prioritas, maka tingkat kesejahteraan masyarakat pun dapat terancam,” ujar Rosinta lagi.

Jadi harapannya setiap kebijakan Pemkab bisa selaras dengan program dari Pempus sehingga percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai dengan hasil yang optimal. (*)