Generasi Muda Sintang Siap Menghadapi Revolusi Industri 4.0


WARTASINTANG.COM - Wirausaha Muda Nusatara (WIMNUS) bekerjasama dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Sintang mengadakan Seminar Nasional Character Building dengan tema "Winning Mentality For Industrial Revoluition 4.0" di Aula Hotel My Home Sintang, Rabu (6/11/19) siang.

Hadir mewakili Bupati Sintang (Plt) Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Kurniawan. Dalam kata sambutannya Kurniawan mengatakan Pemda Sintang sangat menyambut baik dan mendukung acara seminar yang di gelar ini karena sangat relevan dengan salah satu visi dan misi Pemkab Sintang yakni membentuk masyarakat Kabupaten Sintang yang cerdas dan memiliki karakter yang baik yakni siap menjadi pemenang di dalam semua sektor pembangunan.

"Temanya pun sangat relevan dengan anak muda, winning mentality atau mental pemenang, yang suatu kelompok sangat strategis saat ini dan kedepannya," kata Kurniawan.

Menurut Kurniawan ada tiga kelompok masyarakat yang akan memberikan sumbangsih besar dalam arus global saat ini. Pertama adalah anak muda, kedua adalah wanita dan yang ketiga adalah netizen. 

Jadi seminar yang dilaksanakan oleh WIMNUS dan KPNI ini sangat dibutuhkan oleh para anak muda supaya generasi muda Sintang siap menghadapi revolusi industri 4.0. Jika ini bisa teratasi tentunya akan mengurangi pengangguran intelektual dan akan meningkatkan kesejahteraan.

"Kita punya penganggur terdidik yang sangat besar, tiap tahun kita memproduksi penganggur terdidik, yaitu orang-orang yang tidak mampu bersaing di dunia kerja meskipun dengan status pendidikan yang tinggi," terang Kurniawan.

Jika generasi muda Sintang siap menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0, maka persoalan pengangguran akan teratasi dan masyarakat Sintang akan lebih maju dan siap berkompetisi di era 4.0. (*)