Tutup Jemelak Expo 2019, Jarot : Ini Surga Tersembunyi


WARTASINTANG.COM - Danau Jemelak adalah salah satu surga tersembunyi yang ada di tengah kota Sintang. Jaraknya tidak jauh dari pusat kota dan akses ke tempat itupun tidaklah sulit. Untuk itu Pemkab Sintang di bawah kepemimpinan Jarot Winarno melakukan kegiatan Jemelak Expo dari tanggal 23 Oktober hingga 27 Oktober 2019. 

Kegiatan Jemelak Expo berhasil melaksanakan 17 jenis perlombaan dan beberapa kegiataan lainnya. Kegiatan ini ditutup oleh Bupati Sintang Jarot Winarno, Minggu (27/10/2019).  Pada malam penutupan tersebut, diserahkan juga piala dan uang pembinaan bagi para pemenang lomba, seruan untuk bersama-sama menjaga kawasan Danau Jemelak, hiburan oleh artis lokal dan Willy Jhin Kopi Dadu yang merupakan YouTuber asal Sanggau.

“Kita harus berupaya menjaga kehidupan yang harmoni dengan alam. Kita Kabupaten Sintang sudah memilih sebagai kabupaten lestari. Masyarakat, program kerja, aktivitasnya berupaya menjaga alam supaya tetap lestari namun ekonomi tetap tumbuh dan kearifan lokal tetap kita jaga. Kita hidup untuk memenuhi kebutuhan hidup tetapi tanpa mengurangi kemampuan dan peluang generasi masa depan untuk menikmati lingkungan  dan alam yang lestari,” terang Bupati Sintang. 

“Danau Jemelak ini saya anggap surga tersembunyi yang jaraknya dengan Kota Sintang sangat dekat. Dua kali sudah kita berupaya mempromosikan  danau jemelak ini. Dan semakin menarik, ramai dan Danau Jemelak semakin dikenal oleh masyarakat luas. Danau Jemelak ini merupakan area konservasi bernilai tinggi. Saya bangga kegiatan Jemelak Expo betul-betul dilaksanakan oleh masyarakat sipil karena bentuk kecintaan kepada kawasan yang lestari,” ujar Bupati Jarot.

Orang nomor satu di Kabupaten Sintang ini juga berharap semoga tahun depan kegiatan  yang sama namun lebih besar, lebih menarik dan ramai bisa diadakan di Danau Jemelak. (*)