Tinjau Proses Pembangunan Puskesmas Jasa, Bupati Sintang Puji Inisiatif Kadinkes Sintang


WARTASINTANG.COM - Membangun dari pinggiran bukan hanya masalah fasilitas infrastruktur tetapi juga layanan medis untuk daerah terpencil bahkan di batas negeri. Hal inilah yang dilakukan oleh Pemkab Sintang dengan membangun satu fasilitas kesehatan untuk melayani masyarakat perbatasan Indonesia-Malaysia di Desa Jaya, Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang.

Puskesmas Jasa yang akan dibangun dengan fasilitas rawat inap di batas negeri ini dibangun dengan biaya cukup besar. Dan untuk memastikan pembangunan ini berjalan lancar dan sesuai ekspektasi, Bupati Sintang langsung turun ke lapangan guna melihat progres pembangunan Puskesmas Jasa didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh, pada hari Selasa, (15/10/2019).

Bupati Sintang, Jarot Winarno memberikan apresiasi kepada pihak yang telah memiliki inisiatif untuk membangun Puskesmas di Desa Jasa. Menurut Jarot, dengan dibantunya oleh masyarakat yang memiliki peralatan yang lengkap, dapat memacu pembangunan Puskesmas.

“Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang itu pandai, dia memiliki inisiatif yang bagus, punya inisiatif untuk membangun puskesmas disini, tentunya tidak terlepas atas kerjasama dengan masyarakat yang memiliki alat yang lengkap, ini luar biasa,” ucap Jarot. 

“Ini sebenarnya deviasi sekitar 12% dari masa normalnya, seharusnya sudah bertambah, tetapi dengan dibantu oleh masyarakat, tentunya proses pengerjaan pembangunan puskesmas ini akan cepat, karena peralatan sudah lengkap, nanti tinggal meubeler saja yang masuk, sungguh luar biasa,” tuturnya.

Pembangunan Puskesmas ini tak terlepas dari dukungan dan bantuan dari tokoh masyarakat desa Jasa. tepat berhadapan dengan Puskesmas Jasa akan dibangun Kecamatan Jasa.

“Pak Laman inilah yang sudah sedia menghibahkan atau menyumbangkan tanahnya untuk pembangunan puskesmas Jasa ini,” ujar Jarot. “Di depan puskesmas ini direncanakan akan dibangun Kecamatan Jasa, kalaulah berhasil dimekarkan,” tutup Jarot. (*)