Soal Pemekaran Kapuas Raya, Ini Kata Ketua Dewan Sintang


WARTASINTANG.COM – Pemekaran Provinsi Kapuas Raya menjadi topik hangat dan dambaan masyarakat Kalimantan Barat bagian timur. Jauhnya akses dan luas cakupan wilayah menjadi salah satu alasan mengapa pemekaran ini harus segera terwujud.

Terkait hal ini Ketua Dewan Sintang, Florensius Ronny mengatakan bahwa progres pemekaran Provinsi Kapuas Raya dipastikan terus berjalan. Menurutnya Pemprov Kalimantan Barat di bawah Sutarmidji telah menyiapkan alokasi anggaran guna pembangunan Kantor Gubenur Provinsi Kapuas Raya di Kabupaten Sintang.

“Kapuas Raya adalah visi misinya gubenur dan wakil gubernur terpilih. Beliau sampai saat ini masih fokus dan konsen dengan pemekaran itu,” kata Ronny (29/10/2019).

Ronny belum mengetahui secara detail progresnya sampai dimana. Namun, dipastikannya pemekaran Kapuas Raya terus berproses. “2020 sudah dianggarkan pembangunan Kantor Gubernur Kapuas Raya di Sintang. Informasi ini disampaikan oleh Kepala Bappeda Provinsi Kalbar saat kami melaksanakan orientasi dewan di Pontianak,” ungkapnya.

Menurut Ronny, pihaknya sampai saat ini masih fokus dengan alat kelengkapan dewan (AKD) dan pembahasan 9 perda. Kendati demikian, DPRD Sintang tetap mendorong dan mensupport Pemerintah Provinsi Kalbar terkait pemekaran Provinsi Kapuas Raya.

“Kita selalu supportlah Pemprov Kalbar dalam mendorong pembentukan Provinsi Kapuas Raya,” ujarnya.

Peran Pemkab dan DPRD Sintang, kata Ronny, hanya membantu mempersiapkan lahan yang bakal jadi Kantor Gubernur Kapuas Raya. “Kita di sini hanya mempersiapkan lahannya saja,” katanya.

Dan Ronny menyambut baik wacana Sutarmidji yang akan membawa lima Ketua DPRD untuk menghadap Presiden Jokowi guna melakukan pembahasan terkait Pemekaran Provinsi Kapuas Raya ini. (*)