Jeffray : Jemelak dan TWA Bukit Kelam Bisa Menjadi Satu Rangkaian Tempat Wisata

WARTASINTANG.COM - Wakil Bupati Sintang, Askiman mengapresiasi masyarakat, komunitas dan lurah Akcaya yang memiliki inisiatif membuat kegiatan Jemelak Expo sebagai upaya kelestarian dan promosi wisata. Senada hal tersebut, Wakil Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward yang juga menghadiri Jemelak Expo bersama Ketua DPRD Sintang sangan mendukung gagasan tersebut, yang disebutnya semakin menambah destinasi wisata Kabupaten Sintang.

"Saya pikir ini kegiatan yang sangat baik dan datang justru dari kepedulian masyarakat sekitar terhadap lingkungan untuk tetapa lestari. Jadi kalau wilayah ini dimasukan dalam bagian destinasi wisata sangatlah tepat," ungkapnya, Rabu (23/10/2019).

Jeffray mengatakan, antara Jemelak dengan destinasi yang sudah ada yakni TWA Bukit Kelam akan jadi satu rangkaian tempat wisata.

"Masyarakat akan punya pilihan, sebelum ke TWA Bukit Kelam dapat mampir dulu ke Jemelak," kata Jeffray. Namun demikian dirinya berharap Pemerintah Kabupaten Sintang, melalui dinas terkait dapat menambah sarana dan prasarana yang diperlukan bagi sebuah tempat wisata.

"Kita minta untuk sarapa dan prasarana layaknya tempat wisata dibangun di sini, sehingga ada kenyamanan bagi pengunjung untuk betah di tempat ini, termasuk jalan masuk ke tempat wisata," lanjutnya.

Dalam kesempatan ini Wakil Bupati Sintang, Askiman juga meminta agar Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang  memasukan Jemelak,  masuk ke dalam destinasi wisata saat event Festival Kelam yang akan dilaksanakan tahun depan.

“Mari kita masukan danau yang ada di Jemelak ini, sebagai salah satu destinasi yang pantas diekspos, karena dua tahun festival Kelam, Jemela belum masuk destinasi yang kita promosikan,” pintanya.

Menurut Askiman, Danau di Jemelak pada masa Bupati Simon Jalil sudah masuk dalam pengembangan perencanaan destinasi pariwisata di Kabupaten Sintang. (*)