Rumah Dinas Bupati Sintang Terbakar, Diduga Penyebabnya Karena Hal Ini

WARTASINTANG.COM, SINTANG - Terjadi peristiwa kebakaran di Rumah Dinas Bupati Sintang , Kamis (26/7) pukul 00.45 WIB. Menurut informasi yang didapat dari Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol - PP) dan Damkar Sintang, Martin Nandung, peristiwa kebakaran ini diduga karena kilat dari sambaran petir sehingga terjadi kebakaran di meteran dan merembet naik ke atas.

Saksi yang melihat kejadian ini Marthin (Pembantu Rumah Tangga Pendopo Bupati), Piket Jaga Satpol PP (Rustandi, Riki Fadilah, Yupinus, Heriyanto).

Menurut saksi sumber api berasal dari dek di bangunan utama Rumah Dinas Bupati Sintang.

"Jadi sekitar pukul 12.45 itu, petugas piket kita mengetahui terjadi kebakaran. Sumber api diduga kilat dari sambaran petir sehingga terjadi kebakaran di meteran dan merembet naik ke atas," ujarnya, Kamis (26/7/2018) pagi.

Setelah menerima laporan dari saksi, personel Pol-PP dan Damkar dikerahkan secara maksimal ke lokasi kebakaran untuk menjinakkan kebakaran tersebut.

Berikut ini adalah pesan berantai dari WhatsApp terkait peristiwa kebakaran di Rumah Dinas Bupati Sintang

Selamat pagi pak, mhn izin melaporkan pada hari Kamis tanggal 26 Juli 2018 sekitar pukul 00.45 Wib telah terjadi kebakaran di Rumah Dinas Jabatan Bupati Sintang Jl. Pangeran Muda Kec. Sintang Kab. Sintang. 

Saksi-saksi :
1. Marthin (Pembantu Rumah Tangga Pendopo Bupati)

2. Piket Jaga Satpol PP (Rustandi, Riki Fadilah, Yupinus, Heriyanto)

Kronologis Kejadian :

Pada hari Kamis tanggal 26 Juli 2018 sekitar 00.45 Wib saat anggota jaga melaksanakan piket jaga malam di Rumah Dinas Jabatan Bupati Sintang, dimana pada saat itu kondisi cuaca hujan lebat dan disertai petir yang cukup kuat sebanyak 3 kali, dan menyambar gardu yang berada di samping pendopo (dekat pos jaga Pendopo Bupati Sintang), dan menyebabkan listrik PLN padam, secara otomatis genset pendopo  hidup, sehingga mengeluarkan percikan api. Kemudian anggota Jaga di Rumas Dinas Bupati pun langsung menghubungi petugas Pemadam Kebakaran Kab. Sintang, sambil mengamankan barang-barang inventaris Bupati (Kendaraan Dinas, Dokumen2 serta barang penting lainnya), dikarenakan angin yang cukup kuat ditambah bahan bangunan yang sebagian besar berbahan kayu mengakibatkan api cepat membesar dan menghaguskan hampir seluruh bangunan Pendopo Bupati Sintang. Tidak terdapat korban jiwa dalam kejadian kebakaran tersebut. Kerugian materil belum dapat ditaksir. Api dapat dipadamkan sekitar pukul 03.30 Wib dengan bantuan Mobil Pemadam Kebakaran sbb :

- 5 (lima) unit Damkar Kab. Sintang
- 3 (tiga) unit Busera
- 2 (dua) unit Manggala Agni
- 1 (satu) unit Water Canon Polres Sintang
- 1 (satu) unit Tanki Korem 121/ Abw 

Saat ini kondisi sudah aman dan kondusif.