Jeffray Edward : Nilai Pancasila Harus Dijaga

WARTASINTANG.COM, SINTANG - Ketua  DPRD Sintang, Jeffray Edward  mengatakan, Pancasila sebagai ideologi bangsa harus dijaga bersama-sama dan di tanamkan bagi setiap komponen anak  bangsa. Menurutnya, melalui moment peringatan hari pancasila, Jefray mengajak seluruh  masyarakat Sintang secara khusus dan masyarakat Indonesia umumnya untuk menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila.

Yakni sebagai pemersatu bangsa yang penuh dengan keberagaman dan perbedaan baik suku maupun agama. Jefray juga mengajak masyarakat peristiwa kelam Mandor yang diperingati setiap tanggal 28 Juni. Dimana yang menjadikan korban penjajahan Jepang, terdiri dari atas berbagai golongan masyarakat  yang memiliki latar belakang perbedaan baik suku maupun agama yang ada di Kalbar.

“Yang gugur sudah menjadi Pahlawan. Kita sebagai anak bangsa yang peduli dan ingat jasa-jasanya. Tentunya harus memperingatinya, jangan sampai terjadi kembali, bukan berarti dendam terhadap Jepang. Dan, juga sebagai bukti, masyarakat Kalbar ikut berjuang merebut kemerdekaaan ini. Kita harus bangga punya pahlawan yang telah gugur melalui jasa-jasa yang berikan bagi bangsa,”katanya. 
Terpisah, saat menghadiri hari lahir Pancasila , wakapolres Sintang Kompol  Amry Yudhy mengatakan Pancasila bukan sekedar symbol persatuan dan kebanggaan bangsa tetapi adalah acuan kehidupan bermasyarakat , berbangsa, dan bernegara. Karena itu, Pancasila wajib diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Tingkah laku juga harus mencerminkan nilai-nilai luhur  Pancasila. “Pancasila itu, tidak hanya Dasar Negara, tetapi  juga jati diri Bangsa,” katanya.(red)