Bandara Tebelian Akan Beroperasi, Lalu Bagaimana Dengan Bandara Susilo?

WARTASINTANG.COM, Sintang - Bandara Udara Tebelian sebentar lagi akan beroperasi dan ini tentunya akan berefek dengan 'penutupan' Bandara Susilo. Lalu apa yang akan terjadi dengan Bandara Susilo? Apakah akan dialihfungsikan sebagai kawasan pusat ekonomi atau hal lainnya?

Terkait hal ini Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sintang, Terry Ibrahim mengatakan bahwa bandara ini memang harus dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat Sintang usai tidak beroperasi lagi menyusul beroperasinya bandara Tebelian. Menurutnya, lokasi Bandara Susilo yang sangat strategis dan berada di dalam kawasan perkotaan tentunya akan memberikan banyak manfaat kepada masyarakat Sintang.

Ia menambahkan, kajian memang perlu dilakukan dalam pemanfaatan bandara Susilo. Sehingga sesuai kebutuhan dan dapat berdaya guna secara optimal. Kemudian bisa berdampak secara lansung kepada masyarakat. Namun pemerintah dinilai mesti dapat memanfaatkan peluang tersebut.

Menurutnya kajian memang perlu dilakukan sejak awal agar saat bandara Tebelian sudah difungsikan bandara Susilo sudah termanfaatkan. Karena kehadiran bandara Tebelian juga diharapkan mampu mendorong peningkatan ekonomi bagi daerah. Sementara bekas bandara Susilo mesti tetap bermanfaat jangan sampai meredup.

Selain itu, Wakil Ketua DPRD Sintang ini juga menambahkan bandara Susilo tetap menjadi kawasan strategis, hanya bukan lagi sebagai sarana penerbangan. Menurutnya paling strategis adalah untuk menjadi pusat ekonomi.dimana obsi tengah dikaji oleh Pemkab, untuk penetapan yang cocok buat lahan bekas bandara. 

Terry memandang bekas bandara Susilo cocok menjadi pusat ekonomi. Alasannya kawasan strategis. Alternatif untuk menjadi pusat sekolah penerbangan dinilai bisa dipertimbangkan, ungkapnya pada awak media (24/2/18). (red)