Pemkab Sintang Akan Tingkatkan Status Kota Layak Anak

 

 

Teks foto: Kegiatan rapat koordinasi, kolaborasi dan sinkronisasi evaluasi KLA dan RAD Penyelenggaraan kabupaten layak anak.


SINTANG- Dinas keluarga berencana, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak kabupaten sintang menggelar rapat koordinasi, kolaborasi dan sinkronisasi evaluasi kota layak anak dan rad penyelenggaraan kabupaten layak anak, Senin (6/11) pagi.

Rapat itu di hadiri organisasi perangkat daerah (OPD) terkait serta camat di kabupaten sintang.

Kepala dinas kbp3a kabupaten sintang, Maryadi mengatakan kegiatan itu untuk mengsinkronkan kepada opd terkait mengenai syarat untuk kelengkapan kota layak anak.

“Saat ini kabupaten sintang sudah masuk dalam kota layak anak kategori pratama. Kita mengsinkronkan dengan dinas opd terkait serta kecamatan agar bisa meningkat menjadi kota layak anak kategori madya”, kata Maryadi.

Maryadi menjelaskan dari hasil evaluasi yang dilakukan beberapa waktu lalu, tentang penilaian kabupaten layak anak, ada beberapa item atau ketentuan yang harus dilengkapi agar kategori madya bisa terwujud.

“Item-item itu harus dilengkapi seperti adanya tempat bermain anak di perkantoran atau pun kecamatan, serta beberapa tempat lainnya. Jika ketentuan itu sudah selesai dijalankan, tentu kabupaten sintang bisa masuk kota layak anak kategori madya”, jelasnya.

Menurutnya ada 5 kluster yang terdapat 24 indikator di dalamnya yang harus dipenuhi oleh pemerintah kabupaten sintang agar bisa mencapai kota layak anak kategori madya itu.

“Banyak yang harus kita penuhi agar bisa mencapai kategori madya itu. Namun kami optimis hal itu bisa tercapai dengan kerjasama dari semua pihak yang ada di kabupaten sintang”, ucapnya.

Maryadi mengharapkan peran serta seluruh opd dan pihak-pihak terkait lainnya untuk mensukseskan program itu agar bisa mewujudkan kota layak anak di kabupaten sintang.