Akses Jalan Menuju Kecamatan Kayan Hulu Perlu Perbaikan

 

SINTANG- Akses jalan masyarakat dari kecamatan sintang hingga kecamatan kayan hulu masih kondisi rusak. Bahkan ketika musim penghujan, di lokasi tertentu sulit di lewati kendaraan roda empat atau lebih karena becek.

“Saat ini ada 2 titik jalan ruas jalan yang rusak parah. Namun ketika musim penghujan kondisi jalan yang rusak hampir rata,” kata camat kayan hulu, Yudius, Sabtu (14/10).

Kerusakan jalan itu merupakan akses jalan provinsi yang sudah rusak sejak lama. Kerusakan parah terjadi antara ibu kota kecamatan kayan hilir, di nanga mau menuju ibu kota kecamatan kayan hulu, di tebidah.

“Jika sudah rusak parah, kasihan kendaraan roda empat atau lebih yang sangkut karena tidak bisa melintas. Bahkan tidak jarang para supir truk maupun kendaraan lainnya bermalam di jalan karena kerusakan akses jalan,” jelas yudius.

Yudius menjelaskan ada 7 titik ruas jalan yang rusak dan belum tertangani pemerintah provinsi kalbar. Namun dari 7 titik yang rusak itu, ada 2 titik yang kerusakannya sangat parah, sehingga masyarakat untuk melintas harus berhati-hati.

“Memang banyak ruas jalan yang rusak, ada sekitar 7 titik. Namun dari 7 titik itu, 2 titik kerusakannya cukup parah. Bahkan pernah para supir harus membuang air di jalan menggunakan ember agar bisa melintas,” ucapnya.

Yudius mengungkapkan pemerintah kecamatan kayan hulu sudah berkoordinasi dengan dinas pupr provinsi kalbar untuk melakukan perbaikan ruas jalan itu. Sebab akses jalan itu sangat penting bagi masyarakat untuk aktivitas sehari-hari maupun menjual hasil bumi.

“Mudah-mudahan bisa segera mendapatkan perhatian dari pemerintah provinsi kalbar untuk segera dilakukan perbaikan. Karena kerusakan yang terjadi sudah sejak puluhan tahun lalu,” ungkap yudius.