Stok Cadangan Beras di Kabupaten Sintang Mencukupi Hingga Akhir Tahun


SINTANG- Pemerintah kabupaten sintang melakukan pengecekan terhadap ketersediaan beras di kabupaten sintang. Ketersediaan beras mencukupi hingga akhir tahun 2023 mendatang.

Kepala dinas perdagangan, koperasi dan ukm kabupaten sintang, arbudin mengatakan stok beras yang ada di gudang bulog cabang sintang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sintang. Bahkan stok yang ada mencukupi hingga akhir tahun dan bisa lebih hingga awal tahun 2024 mendatang.

“Stok yang ada di gudang bulog sangat mencukupi. Hingga akhir tahun saja di perkirakan masih ada cadang beras sekitar 500 ton di gudang bulog. Jumlah itu sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di kabupaten sintang,” kata Arbudin, Selasa (10/10).

Arbudin mengungkapkan pemerintah kabupaten sintang berupaya semaksimal mungkin menjaga cadangan beras tetap terjaga. Bahkan tidak hanya beras yang ada di gudang bulog saja, namun juga beras yang dijual di pasaran.

“Beras yang dipantau pemerintah tidak hanya yang ada di gudang bulog, namun juga di pasaran. Baik itu mengenai stok barang maupun harga jual di pasaran,” ungkap arbudin.

Menurutnya jika terjadi lonjakan harga yang cukup tinggi, tentu pemerintah akan mengambil langkah seperti melakukan operasi pasar dibeberapa lokasi.

“Operasi pasar biasanya diambil untuk menekan kenaikan harga beras di pasaran. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan beras dengan harga yang lebih murah dan kualitas yang baik juga,” ucap arbudin.

Arbudin menambahkan pemerintah kabupaten khususnya dinas perdagangan, koperasi dan ukm kabupaten sintang terus memantau perkembangan harga beras dan sembako di pasaran.

“Semuanya tetap kita pantau sejumlah harga sembako di kabupaten sintang. Jika harganya mengalami kenaikan yang terlalu tinggi, maka akan langsung diambil tindakan,” tambahnya. (tim)