Pembangunan Jalan Lingkar Kelam Bisa Tingkatkan Potensi Pariwisata

 

SINTANG- Pemerintah pusat sudah melakukan pembangunan jalan lingkar kelam hingga menuju bukit luit dan bukit rentap yang ada di kecamatan kelam permai, kabupaten sintang. Camat kelam permai, kusmara amijaya mengatakan pembangunan jalan itu dinilai bisa meningkatkan pariwisata di bukit kelam, serta membantu masyarakat sekitar dalam beraktivitas.

“Pembangunan jalan lingkar kelam itu sangat ditunggu masyarakat sekitar. Perbaikan jalan itu juga diharapkan bisa meningkatkan pariwisata yang datang ke bukit kelam maupun daerah sekitarnya,” kata camat kelam permai, kusmara amijaya, Minggu (15/10).

Menurutnya pembangunan jalan lingkar kelam itu sudah sejak lama ditunggu masyarakat sekitar karena kerusakan jalan sudah sejak lama terjadi.

“Adanya pembangunan jalan beberapa waktu lalu tentu sangat membantu masyarakat dalam beraktivitas. Sebelumnya jalan banyak yang rusak dan berlubang, saat ini sudah lebih baik dan masyarakat bisa beraktivitas dengan lancar,” ucap kusmara.

Kusmara mengungkapkan dengan adanya perbaikan jalan lingkar kelam, luit, rentap (klutap) itu pemerintah kabupaten sintang berkomitmen untuk mengembangkan kawasan wisata bukit kelam.

“Nantinya camat akan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten sintang untuk membuat program wisata di bukit kelam. Kita berupaya meningkatkan wisata kelam agar semakin banyak wisatawan yang datang, baik yang hanya melihat langsung bukti kelam atau pun yang ingin naik ke atas bukit kelam,” ungkapnya.

Pasalnya potensi pariwisata di bukti kelam sangat bagus, terlebih ketika para wisatawan berani naik hingga ke puncak bukit kelam.

“Pemandangannya sangat bagus bagi wisawatan yang berani untuk manjat ke atas bukit kelam. Jika pun tidak, mereka bisa menikmati pemandangan bukit kelam dari bawah, bahkan hingga ke bukit luit dan bukti rentap yang ada di sekitar bukit kelam,” tambah kusmara.