KPU Sintang Selesaikan Bertahap Proses Pemilu

 



SINTANG- Komisi Pemilihan Umum kabupaten sintang menyelesaikan proses tahapan pemilu sesuai ketentuan KPU RI. Bahkan KPU saat ini mensosialisasikan pemilu kepada pemilih muda dan masyarakat.

“Sosialisasi sedang dilakukan kepada masyarakat sebagai pemilih, serta generasi muda sebagai pemilih pemula di kabupaten sintang. Sosialisasi bahkan dilakukan ke sekolah-sekolah SMA karena banyak pemilih pemula di sana”, kata Edy Susanto, Ketua KPU Kabupaten Sintang, Jumat (13/10) pagi.

Menurut Edy, pemilih pemula harus diberikan pemahaman lebih agar mereka bisa memberikan hak suaranya dalam pemilu tahun 2024 mendatang.

“Jangan sampai ada pemilih pemula yang tidak memberikan hak suaranya, mereka harus berpartisipasi dalam setiap pemilu kedepannya”, jelas edy.

Komisi pemilihan umum kabupaten sintang saat ini sedang menyelesaikan tahapan daftar calon tetap (DCT) bagi calon anggota legislatif. Pasalnya DCT itu akan diumumkan tanggal 4 november mendatang.

“DCT akan di umumkan tanggal 4 november mendatang. Kita akan menyelesaikan setiap tahapan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, agar semuanya berjalan sesuai rencana,” ucapnya.

Edy menambahkan setiap tahapan pemilu satu persatu dijalankan oleh kpu sintang sesuai arahan dari kpu pusat. Penyelesaikan berbagai tahapan itu dilakukan guna menunjang pelaksanaan pemilu yang lancar dan aman.

“Masyarakat juga diminta memantau setiap proses pelaksanaan pemilu di wilayahnya masing-masing. Jika ditemukan ada yang janggal atau pun pelanggaran bisa melaporkan kepada kpu atau bawaslu maupun pihak terkait lainnya,” tambah Edy.