LIM HIE SOEN: KITA TETAP HARUS KREATIF DI MASA PANDEMI INI

wartasintang.com: "Walau aturan masa pandemi sudah dilonggarkan dan kita sudah bisa beraktifitas nyaris seperti biasa, sekarang kita dihadapkan pada proses pemulihan ekonomi terutama akibat dampak pandemi ini. saat seperti ini kita tetap harus kreatif dan tidak mati akal," ujar anggota Komisi A DPRD Sintang,  Lim Hie Soen kepada awak media kami, Selasa (23/8/2022). Menurutnya memang saat ini bukanlah kondisi yang diharapkan namun jika cukup jeli akan selalu ada peluang dalam situasi seperti apapun.

"Dalam bahasa Mandarin kata Krisis disebut 危 机 (Weiji) yang terdiri dari dua kata, yaitu  (wei) atau bahaya dan (Ji)  yang berarti peluang atau kesempatan. Jadi justru di dalam krisis itu ada peluang. Kira-kira begitulah," lanjut Ko Akun, sapaan akrabnya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa pandemi global disebabkan karena virus corona ini telah menciptakan krisis ekonomi di hampir seluruh negara yang ada di dunia. Kendatipun demikian selalu ada peluang dalam setiap krisis yang terjadi.

Ko Akun memaparkan bahwa tanah Borneo itu tanah yang subur. Hasil alamnya melimpah ruah dan bisa dimanfaatkan dan bahkan bernilai ekonomi tinggi juga.

"Sekarang yang lagi booming itu kan Kayu Bajakah dan Daun Kratom, jika bisa melihat peluang itu sebenarnya peluang yang bagus. Sekarang juga lagi booming hobi pelihara ikan cupang. Ternak ikan cupang pun bisa menghasilkan. Intinya kita harus kreatif dan tidak boleh mati akal di masa pandemi ini," papar Ko Akun kembali.

Dikatakan Politikus Hanura ini masyarakat harus jeli dalam mengambil peluang, agar bisa bersaing dalam era globalisasi ini, menurutnya banyak peluang yang bisa menjanjikan, asal kita tekun, tentu akan membuahkan hasil yang baik.

Harus berubah tekad yaitu menjadi entrepreneur muda, sehingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan, bukan malah mencari pekerjaan,” kata Ko Akun dengan tegas. “Banyak generasi muda di usia produktif yang mampu menjadi pengusaha serta menciptakan lapangan kerja sendiri. Kehadirannya sangat membantu pemerintah dalam menciptakan lapangan pekerjaan,” tambah Politisi Hanura. (*)