DPRD SINTANG GELAR PEMILIHAN WABUP

wartasintang.com: Jumat (5/8/2022) pagi, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang menggelar Rapat Paripurna ke-15 masa persidangan II tahun 2022 dalam rangka pemungutan dan penghitungan suara pemilihan wakil bupati Sintang sisa masa jabatan tahun 2021-2026 di Ruang Sidang Gedung DRPD Sintang.

Pada kesempatan calon wakil bupati Sintang Melkianus mendapatkan nomor urut 1. sedangkan calon lainnya, Hardoyo menenpati nomor urut 2. seperti diketahui sebelumnya kedua nama ini direkomendasikan oleh Koalisai Adil Bersatu yang mengusung pasangan Jarot-Sudiyanto pada Pilkada 2019 lalu.

“Proses pemilihan akan kita gelar tertutup di ruang sidang,” kata Florensius Ronny selaku Ketua DPRD Sintang.

Pemungutan suara akan dilakukan oleh 39 orang anggota DPRD Sintang. Panitia menyiapkan dua bilik suara untuk proses pemungutan. Mekanisme yang dilakukan sama seperti pada pemilu umumnya. Panitia pemilihan telah mencetak surat suara berisi foto dan nama calon wakil bupati untuk kemudian dicoblos di balik bilik suara. setelah itu, surat suara tersebut di masukkan ke dalam kotak suara untuk kemudian akan melalui tahapan penghitungan.

Anggota DPRD Sintang yang berhak memilih sejumlah 39 orang dari sebelumnya berjumlah 40 rang. hal ini dikarenakna Melkianus, salah seorang calon telah mengundurkan diri dari keanggotaannya sebagai legislator pada 18 Juli 2022 lalu.

Sekilas profil para Cawabup, Melkianus merupakan wakil ketua komisi C DPRD Sintang. Politisi Partai Golkar tersebut telah tiga periode menjadi wakil rakyat di DPRD Sintang.

Sedangkan Hardoyo merupakan ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai PKPI Kabupaten Sintang. sebelumnya juga pernah menjadi anggota DPRD Sintang periode 2014-2019.

“Kita yakin proses pemungutan dan penghitungan suara wakil bupati hari ini akan berjalan dengan baik dan lancar, serta sesuai dengan aturan dan tata tertib yang berlaku,” tambah Ronny lagi. (*)