WAKIL KETUA DPRD SINTANG HADIRI LAUNCHING DESA BERSINAR

wartasintang.com: Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Jeffray Edward menghadiri acara launching desa bersinar (bebas narkoba) Kabupaten Sintang di rumah Betang Desa Jerora 1, Rabu (22/6/2022).

“Keberadaan Desa Bersinar ini sangat berguna untuk kita mencegah anak-anak muda kita supaya tidak terpengaruh dengan barang haram itu. Kita membentuk jejaring di  Desa Bersinar ini karna kita menyadari bahwa memerangi dan memberantas peredaran dan penggunaan Nakoba itu pekerjaan yang harus dilakukan bersama-sama,” ujar Jeffray.

Launching desa bersinar kali ini mengusung tema, “Kerja Cepat, Kerja Hebat berantas Narkoba di Indonesia”. Pelaksanaan program Desa Bersinar ini merupakan implementasi dari Instruksi Presiden tentang rencana aksi nasional pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan precursor narkotika tahun 2020-2024.

Peluncuran program Desa Bersinar ini dilakukan langsung oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno. Dalam sambutannya, Jarot menyampaikan tiga pendekatan yang dapat dilakukan untuk memberantas penyalahgunaan narkoba di masyarakat.

“Ada tiga  cara bisa kita tempuh untuk berperang melawan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, satu, soft power approach seperti yang kita lakukan sekarang ini kita libatkan partisipasi masyarakat lewat penyelenggaraan fasilitas desa bersinar yang dikelola secara terpadu dan berkelanjutan oleh warga desa. Dalam program ini kita menggabungkan juga smart power approach, yaitu pendekatan berbasis teknologi informasi. Lalu ada pendekatan hard power approach yang sudah urusanya dengan aparat penegak hukum,” terang Jarot. (*)