SINTANG LAUNCHING VAKSIN PMK INI KATA DEWAN

wartasintang.com: Rabu (29/6/2022) Pemerintah daerah Kabupaten Sintang, melaksanakan lounching vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) di halaman Kantor Kecamatan Sungai Tebelian. Kegiatan ditandai secara simbolis penyuntikan vaksin kepada dua ekor sapi oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno.

“setelah ini kita akan vaksin 302 sapi ternak yang ada di para peternak dan agen daging yang ada. semoga PMK segera tidak ada di Sintang,” ujar Jarot.

Sementara itu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Welbertus menyampaikan bahwa pihaknya sangat mendorong pemerintah untuk menantisipasi hal ini mengingat di daerah lain wabahnya mulai naik.

“Beberapa waktu yang lalu saya juga sudah mengatakannya di media bahwa pemerintah kita dorong untuk melakukan antisipasi terhadap penyakit ini. Karena di pulau Jawa sudah rata-rata kena. Di Sintang jangan sampai menyebar luas kalau pun sudah ada yang kena terjangkit. Karena kita juga mendatangkan sapi kambing dari luar. Saya harap kita antisipasi dengan cepat dan tepat,” ujar Bang Wel.

Politisi PDI Perjuangan ini juga mengingatkan instansi terkait yang juga dinaungi oleh Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sintang untuk memberikan vaksinasi terkait wabah yang dialami oleh ternak babi beberapa waktu silam

“Beberapa waktu yang lalu juga, petani peternak kita itu kan mendapat musibah masalah babi itu ya. Berharap pemerintah bisa memperhatikan juga peternak babi kita ya, sekarang itu mereka menjerit terutama untuk pasokan bibit.Khususnya diharapkan bisa membantu secara langsung berupa bibit ternak supaya mereka bisa masih melanjutkan usaha mereka. Saya harap kalau masalah bibit ini sudah diatasi sembari juga ternak-ternak babi ini diberi vaksin biar kuat, sehingga tidak mudah lagi terkena sampar, kasihan para peternak kita,” ucap Bang Wel lagi. (*)