RONNY: RATAKAN PEMBANGUNAN SINTANG

wartasintang.com: Selasa (7/6/2022), Usai menghadiri kegiatan warga di kecamatan beberapa waktu lalu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Florensius Ronny menyampaikan bahwa ternyata masih ada desa di Sintang yang belum mendapat program pembangunan.

"Kita hadir pada kegiatan disejumlah kecamatan tahun ini, kita melihat masih banyak pembangunan belum optimal, terlebih karna 2 tahun terakhir kita sibuk dengan penanggulangan bencana pandemi covid 19,” kata Ronny. “Kita ingin satu desa minimal mendapat 1 program pembangunan, sehingga semua desa di Sintang mendapatkan pemerataan pembangunan. Untuk menunjang ini, saya harapkan desa lebih terbuka dengan investasi yang masuk ke desa. Setiap kegiatan hendaknya diketahui atau dilaporkan kepada kepala desa," tambahnya.

Hal lain yang menjadi catatan oleh ketua DPRD pada usia 30 tahun itu mengenai sinergi antara pemerintah daerah, wakil rakyat dan pemerintah desa yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

"Saya berharap usulan pembangunan yang dimulai dari musrenbang di tingkat desa lalu secara berjenjang sampai ke tingkat provinsi dapat terinput pada sistem penganggaran kita," kata Ronni. "Saya himbaukan kepada seluruh kades dan aparaturnya agar dapat mensukseskan program dan mekanisme penganggaran yang ada," pesan politisi Partai Nasional Demokrat tersebut.

Simin selaku warga Ketungau Hilir mengatakan bahwa di wilayah Ketungau Hilir ada beberapa desa yang tidak mendapatkan anggaran dari dana DAU dan DAK. Beberapa desa belum mendapat giliran sentuhan pembangunan dari pemerintah baik itu daerah maupun dari pusat, sehingga diharapkan anggota DPRD Sintang bisa memberikan solusi pembangunan tersebut melalui pokirnya.

"Kami harap ketua dan anggota DPRD dapat mengisi kekosongan tersebut melalui pokok pikiran para wakil rakyat ini. Sehingga semua desa di sini dapat merasakan sebaran pembangunan yang merata," kata Simin. (*)