KPU SIAP LUNCURKAN TAHAPAN PEMILU 2024, PARPOL SILAKAN JUGA BERSIAP-SIAP

wartasintang.com: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sintang, Hazizah menyampaikan bahwa pihaknya akan segera melakukan peluncuran rangkaian tahapan pemilu 2024. Kegiatan ini direncanakan akan serentak dilakukan di seluruh Indonesia.

“Berdasarkan penetapan hari pemungutan itu kan pada tanggal 14 Februari 2024 berarti 20 bulan sebelumnya tahapan sudah dimulai. maka terhitung pada tanggal 14 Juni 2022 itu sudah launching tahapan pemilu sudah dimulai. Draft secara resmi peraturan PKPU mengenai tahapan pemilihan umum untuk 2024 belum ada tapi kami sudah mempersiapkan nanti kita akan luncurkan tanggal 14 Juni,” ungkap Hazizah saat ditemui di sela-sela pekerjaannya, Kamis (9/6/2022).

Hazizah mengungkapkan bahwa proses persiapan ini sebenarnya sudah dimulai secara internal KPU, mulai dengan proses pelatihan-pelatihan bagi para staff dan volunteer KPU.

“Secara SDM para personalnya sudah mulai dilantik. sudah mulai dilakukan pelatihan terutama di bagian sekretariat. Besok seluruh ASN KPU di Kalbar akan melaksanakan pelatihan terpusat di Pontianak. Pelatihan tata kelola pemilu 2024. Saya masih menunggu instruksi untuk launching tanggal 14 tapi yang pasti tanggal segitu nanti itu sudah akan diluncurkan hanya belum tahu mekanismenya akan dilakukan secara terpusat atau masing-masing daerah,” papar Hazizah lagi.

Di kesempatan lain, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Florensius Ronny menyambut baik informasi tersebut dan mengingatkan kepada para pegnurus partai politik di Sintang untuk juga mulai menyiapkan kader-kadernya.

“Kita menyambut baik informasi peluncuran tahapan pemilu 2024. Dengan demikian berarti itu adalah tanda untuk kami dan para pengurus partai lainnya juga mulai bergerak, ikut bersiap-siap. Sudah bisa dimulai pendekatan kepada para kader yang ada dan juga sudah mulai bisa berembug untuk membicarakan strategi pemenangan bersama tim pengurus partai masing-masing,” kata Ronny yang juga merupakan politisi Partai Nasdem itu. (*)