TONI: BERAT MEMANG TAPI YAKIN TETAP MASIH BISA MEMBANGUN

wartasintang.com:  “Kalau dari komisi B, kita review sedikit soal pembangunan 2 tahun terkahir ini, pertama kita merasa prihatinlah. Begini, karna memang anggaran di-refocusing untuk penanganan covid 19. 2 tahun terakhir terasa berat karna memang kita ndak bisa apa-apa, perintah undang-undang juga, di sisi lain urusan kemanusiaan harus kita dahulukan. Supaya masyarakat Sintang semua sehat dan selamat dari covid ini,” ungkap anggota komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang Toni, Rabu (25/5/2022).

Pandemi covid-19 sudah masuk di tahun kedua, ditataran pemerintahan, penyerapan dan alokasi anggaran belanja daerah berkali-kali diubah untuk diprioritaskan pengucurannya pada upaya penanggulangan covid, termasuk di Sintang. Hal ini tentulah berdampak secara signifikan pada proses pembangunan khususnya dalam bidang insfrastruktur. Dana yang semulanya direncanakan untuk membangun jalan dan memperbaiki jembatan ditarik untuk penanganan covid. Namun bagaimanapun juga urusan kemanusiaan adalah yang terutama.

“Puji tuhan sekarang ini sudah mulai menurun soal covid ini. Harapan kami supaya kedepan khusus infrastruktur dan lain-lain itu bisa kita kerjakan sesuai dengan rencana dan target yang telah disusun dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kita. Nanti pelan-pelan dibangun lagi,” pungkas Toni.

Politisi Partai Golkar itu menambahkan bahwa proses pembangunan khususnya insfrastruktur tidaklah sepenuhnya terhenti. Beberapa pengerjaan jalan dan jembatan serta sarana publik lainnya yang sekiranya dirasa oleh pemerintah harus diprioritaskan tetap dilaksanakan pengerjaannya. Hanya saja dengan penekanan biaya yang cukup signifikan. Toni menyampaikan pihaknya cukup lega dengan adanya penurunan kasus covid di Sintang, sehingga bisa lebih optimis dalma merencanakan pembangunan untuk tahun depan. (*)