Bupati Sintang Launching Operasional Betang, Ini Katanya



wartasintang.com: Bupati Sintang Jarot Winarno, melakukan Launching Operasional Rumah Betang Kabupaten Sintang pada Selasa, (1/3/2022) di Desa Jerora Satu Kecamatan Sintang.

Launching Operasional ditandai dengan penggunting pita oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepa Hasnah.

Penyerahan Secara Simbolis Kunci Rumah Betang dari Stephen Saroenandus, Kabid Penyehatan Lingkungan dan Tata Bangunan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Sintang kepada Bupati Sintang, untuk selanjutnya diserahkan kepada Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang selaku pengelola Rumah Betang Kabupaten Sintang.

Bupati Sintang  mengakui sangat bangga bisa melakukan launching operasional betang Kabupaten Sintang.

“Rumah Betang ini megah, melewati sejarah panjang penuh masalah dan prasangka. Selanjutnya, jangan ada prasangka lagi diantara kita. Semuanya kita bangun sebaik-baiknya. Rumah betang ini simbol dan memiliki filosofis yang tinggi seperti gotong royong,” terang Bupati Sintang. 

Lanjutnya, masyarakat Suku Dayak sebagai masyarakat yang terbesar di Kabupaten Sintang bisa memupuk kebersamaan diantara masyarakat Kabupaten Sintang yang lainnya. Lex Populi Suprema Lex Esto yang berarti kemanusiaan merupakan hukum tertinggi. 

"Maka dari itu, kemanusiaan kita dahulukan. Solidaritas tanpa batas kita utamakan,” terang Bupati Sintang.

Dijelaskan, Rumah Betang ini akan dikelola oleh Disporapar Sintang. Kedepannya masih akan dibenahi tata ruang seperti taman, pagar dan halaman. 

"Silakan bermusyawarah untuk menentukan nama Betang ini, bersama Dewan Adat Dayak Kabupaten Sintang. Semoga Rumah Betang ini bermanfaat bagi kita semua,” tutup Bupati Sintang. (*)