BERITA MTQ: Ikuti 7 Cabang di MTQ, Target Sintang Dapat Memperbaiki Posisi



wartasintang.com: Perhelatan Musabaqoh Tilawatil Quran ke-29 tingkat provinsi Kalimantan Barat yang akan berlangsung di Kabupaten Sintang 11-18 Desember nanti, LPTQ Kabupaten Sintang mengaku tak pasang target muluk-muluk. Hal tersebut disampaikan Ketum LPTQ Kabupaten Sintang, H. Abdurrasyid, saat dihubungi Kamis malam (2/12/2021).

Menurutnya, pada tahun 2020 saat pelaksanan MTQ ke-28 tingkat provinsi yang diselenggarakan di Kabupaten Sekadau, kabupaten Sintang yang selama ini menjadi juru kunci dapat memperbaiki posisi dengan berada di posisi ke-7. 

"Selama ini, kabupaten Sintang sebagai juru kunci. Tapi saat penyelenggaraan MTQ tingkat provinsi di Kabupaten Sekadau tahun 2020, alhamdulillah kita kita bisa keluar dari predikat juru kunci dengan menempati posisi ke-7," ungkap Ketum LPTQ Kabupaten Sintang, H. Abdurrasyid.

Dirinya berharap, dengan penyelenggaraan MTQ ke-29 dimana Kabupaten Sintang sebagai tuan rumah posisi Sintang semakin membaik dari posisi sebelumnya.

"Harapannya ya lebih baik lagilah dari tahun sebelumnya. Apalagi kita juga sudah melaksanakan TC kepada para qori dan qoriah yang akan diturunkan nanti, setidaknya dari segi kualitas dan kuantitas semakin meningkat. Kita berharap dengan semua yang telah dilakukan, target tak muluk-muluk. Kita realistis saja, karena persaingannya ketat. Harapan kita ada yang meraih juara di MTQ tahun ini, sehingga bisa mengukir capaian bagus dibandingkan tahun lalu, syukur-syukur dapat posisi 3 atau 4," tandasnya

Untuk peserta, Sintang menurunkan sebanyak 49 peserta yang terdiri 24 qori dan 25 qoriah dengan didampingi 11 orang official. Ke 49 orang tersebut akan bertanding di 7 cabang yakni Tilawah, Qiraatussab'ah, Tahfizh, Fahmil, Syarhil, Khatt dan Hadist.

"Kita ikuti 7 cabang tapi  tidak mengikutkan peserta untuk Tafsir, makalah dan cacat netra. Khusus cacat netra sebenarnya kita ada pesertanya saat di Sekadau, tapi sekarang tak bisa ikut karena yang bersangkutan tengah hamil," terangnya.

Berikut cabang yang diikuti kafilah Kabupaten Sintang pada MTQ ke-29 tingkat Provinsi:


1. TILAWAH 

    Golongan dewasa

    Golongan remaja

    Golongan anak-anak

    Golongan tartil.


2. QIRAATTUSSAB'AH

    Gol. Mujawwad Dewasa

    Golongan Murattal Dewasa

    Gol. Murattal remaja


3. TAHFIZH QURAN

     Gol. 1 Juz

     Gol. 5 Juz

     Gol. 10 Juz

     Gol. 20 Juz

     Gol. 30 Juz.


4. FAHMIL QURAN

    Fahmil pria

    Fahmil wanita


5. SYARHIL QURAN

    Syarhil pria

    Syarhil wanita.


6. KHATTIL QURAN

    Gol. Hiasan Mushaf

    Gol. Dekorasi

    Gol. Naskah

    Gol. Kontemporer


7. HADIST

    Gol. Hafalan 100 hadist dengan sanad

    Gol. 500 hadist tanpa Sanad. (*)