Komisi A DPRD Sintang Minta Panitia Pilkades Serentak Netral



WARTASINTANG.COM: Ketua Komisi A DPRD Sintang, Santosa minta panitia pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Sintang untuk menjaga netralitas.

“Netralitas panitia sangat penting untuk menjaga situasi yang kondusif serta demi suksesnya pelaksanaan Pilkades,” kata Ketua Komisi A DPRD Sintang ini Selasa (6/7/2022/1)

Santosa meminta kepada masyarakat dan calon kepala desa untuk turut mengawasi kinerja panitia, dan jika ada ditemukan pelanggaran maka harus dilaporkan ke pemerintah.

“Panitia Pilkades harus dan wajib mengedepankan netralitas dan bekerja jujur meski diantara calon kepala desa tersebut ada anggota keluarganya,” katanya.

Dia berharap, pelaksanaan Pilkades serentak yang akan digelar di 291 desa dapat berjalan lancar, aman, damai, dan kondusif.

“Kami berharap setiap calon kepala desa untuk tidak mengerahkan massanya, dan harus mampu meredam serta memberikan kedamaian,” ucapnya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini berharap, seluruh desa bisa melaksanakan Pilkades secara serentak. Dia optimistis setiap desa memenuhi persyaratan untuk menggelar Pilkades

Pihaknya ingin pelaksanaan Pilkades serentak berjalan aman dan lancar. Semua pihak diminta mematuhi aturan yang telah ditetapkan, termasuk jika ingin menyampaikan protes maka harus mengikuti aturan yang telah ada.

“Kami minta masyarakat aktif menggunakan hak pilih. Suara masyarakat sangat menentukan nasib pembangunan desa melalui kepemimpinan kepala desa yang terpilih nanti,” tutupnya.

Seperti diketahui, besok tanggal 7 Juli 2021, masyarakat di 291 desa  yang tersebar pada 14 kecamatan di Kabupaten Sintang, akan memberikan suaranya di 1.001 TPS dalam Pemilihan Kepala Desa Serentak 2021. (*)