Wabup, Capaian 2020 Merupakan Kinerja Bersama


Warta Sintang : Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto, SH menyampaikan bahwa hasil pembangunan Kabupaten Sintang selama tahun 2020 merupakan capaian yang diperoleh dari kerjasama berbagai pihak, terutama berbagai unsur pimpinan daerah. 

“ Keberhasilan yang dicapai dalam penyelenggaraan pemerintahan sesuai dengan tema rencana kerja pemerintah daerah Kabupaten Sintang tahun 2020 yaitu peningkatan infrastruktur dasar, ekonomi kreatif, reformasi birokrasi menuju Kabupaten Sintang yang berkelanjutan, maka prioritas pembangunan daerah tahun 2020 yaitu peningkatan infrastruktur dasar, peningkatan ekonomi kreatif, reformasi birokrasi dan sintang yang berkelanjutan merupakan kinerja bersama antara Pemerintah Kabupaten Sintang, DPRD dan didukung penuh oleh segenap unsur forum koordinasi pimpinan daerah, seluruh jajaran pemerintahan mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, desa/kelurahan, serta partisipasi aktif berbagai organisasi kemasyarakatan, organisasi keagamaan, organisasi politik dan lsm, insan pers, tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh stakeholders daerah,” ucap Sudiyanto. 

Hal ini disampaikan saat menghadiri sekaligus menyampaikan sambutan terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Sintang tahun 2020 pada Rapat Paripurna ke-5 masa persidangan I tahun 2021 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang dalam rangka penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Sintang tahun 2020, di Ruang Sidang Kantor DPRD Kab. Sintang, Selasa (6/4/2021). 

“ Capaian kinerja keluaran program dan kegiatan untuk urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar, urusan pemerintahan wajib yang tidak berkaitan dengan pelayanan dasar, urusan pilihan maupun urusan pemerintah pada prinsipnya Pemerintah Kabupaten Sintang tetap berupaya menindaklanjuti rekomendasi dimaksud. Namun karena terjadinya refocusing/realokasi anggaran akibat covid-19, beberapa rekomendasi belum dapat ditindaklanjuti dan direncanakan akan dilakukan pada kesempatan yang akan datang,” tambah Sudiyanto menjelaskan. 

Wabup menyampaikan bahwa terkait dengan pandemi Covid, terjadi 7 kali perubahan penjabaran APBD Kabupaten Sintang yang ditetapkan dengan peraturan kepala daerah. 

“ Kami juga menyadari bahwa masih terdapat permasalahan-permasalahan yang harus segera diatasi dan dibenahi bersama. Oleh karena itu, saya mohon maaf kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Sintang atas segala kekurangan, kelemahan dan keterbatasan selama masa kepemimpinan bersama Wakil Bupati periode 2016-2021. Kami sangat bersyukur terciptanya suasana damai dan kondusif pada tahun 2020 dengan berbagai agenda penting terutama pemilihan kepala daerah serentak. kondisi ini merupakan dampak daripada koordinasi dan kerjasama yang baik dari seluruh seluruh jajaran aparatur pemerintah baik sipil maupun tni/polri beserta masyarakat. Semoga keadaan yang baik ini dapat terjaga dan ditingkatkan agar proses pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Kabupaten Sintang dapat berjalan optimal,” tutup Sudiyanto. 

Paripurna ini di pimpin langsung Ketua DPRD Kab. Sintang Florensius Ronny, A.Md yang di dampingi Wakil Ketua DPRD Kab. Sintang Jeffray Edward, SE. M. Si, di hadiri 22 dari 40 Angggota DPRD Kab. Sintang, Sekda Kab. Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si, perwakilan unsur Forkopimda Kab. Sintang, Rektor Unka Sintang, unsur Pimpinan OPD di Lingkungan Pemkab Sintang dan unsur terkait lainnya. 

( Rz )