Rentang Pemberian Vaksin ke 2 Berubah?

 


Sintang-Sejak pandemi Covid-19 melanda, para peneliti di seluruh dunia telah mencoba mengembangkan vaksin untuk Covid-19.

Indonesia sendiri telah menjalankan program vaksinasi, pemerintah menggunakan vaksin dari Sinovac.

Kemudian akan dilanjutkan program vaksinasi Covid-19 di Indoensia dengan vaksin Covid-19 lainnya, seperti AstraZeneca.

Jarak atau interval waktu suntikan vaksin Covid-19 pertama dan kedua, awalnya 14 hari. Tapi baru-baru ini pemerintah mengubahnya.

Mengenai hal ini memang ada perbedaan, vaksin Covid-19 satu dengan yang lainnya pun tidak sama

Bagaimana dengan di Inonesia yang sudah menjalankan program vaksin Covid-19 menggunakan vaksin Sinovac?

Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dikutip dari CNNIndonesia (22 Maret 2021), telah memutuskan memperpanjang masa interval alias jarak waktu antara suntikan dosis vaksin corona pertama dengan suntikan kedua, dalam program vaksinasi yang menyasar usia 18-59 tahun.

Interval vaksinasi bagi warga 18-59 tahun yang semula ditetapkan 0-14 hari, kini diperpanjang menjadi 0-28 hari atau serupa dengan interval vaksinasi pada warga lanjut usia (lansia).

Adapun perubahan itu tertuang dalam Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/I/653/2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19, yang ditandatangani Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu pada 15 Maret lalu.

Keputusan itu telah melalui hasil kajian BPOM bersama Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI).

Alternatif perpanjangan interval ditetapkan ini pun dilakukan, agar dalam pelaksanaan kegiatan vaksinasi yang menyasar populasi dewasa maupun lansia dapat dilakukan secara bersamaan.

Untuk kabupaten Sintang pelaksanaan vaksinasi dilaksanakan di Gedung Pancasila Sintang, Rabu (17/3/2021),  vaksinasi Dosis pertama terhadap ASN dan juga para Jurnalis.

Berdasarkan SMS yang diterima dari nomor 1199  bahwa Vaksinasi kedua selanjutnya akan dilaksanakan tgl 31 Maret 2021, ditempat yg sudah ditentukan sesuai isi SMS ke masing- masing peserta.

Salah satu warga (mr) yang juga  mengikuti vaksinasi tersebut menyampaikan bahwa " setelah 1-2 hari vaksinasi saya medapatkan Sms tentang jadwal vaksin kedua tgl 31 maret 2021 dengan lokasi di puskesmas darajuanti sintang, jika dihitung maka rentang suntikan 1 dan ke 2 sekitar 14 hari".

"Saya sendiri belum mendapat informasi kepastian terkait pelaksanaan vaksinasi ke-2 yang seharusnya dilaksanakan rabu (31/3) apakah dilaksanakan sesuai sms yg disampaikan atau ditunda. Mestinya pihak terkait cepat tanggap memberikan informasi jika ada perubahan jadwal harusnya bisa diinfokan melalui sms/wa ke penerima vaksinasi ke 2 mengenai kepastian pelaksanaannya",tutup mr.

Dihubungi melalui pesan (WA),Kepala dinas kesehatan Kab Sintang sampai berita ini diturunkan belum memberikan jawaban mengenai kepastian pelaksanaan vaksinasi ke 2 ini apakah sesuai jadwal (31/3) atau ditunda.(*)