Pelantikan Pasangan JADI Dinantikan Masyarakat Bumi Senentang



WARTASINTANG : Gubernur Kalimantan Barat  Sutarmidji melantik Jarot Winarno, dan Sudiyanto, sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sintang periode 2021-2026 di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalimantan Barat pada Jumat, (26/2/2021)

Pelantikan yang sudah di tunggu-tunggu 418.785 jiwa penduduk Kabupaten Sintang tersebut dilakukan bersamaan dengan pelantikan Martin Rantan dan Farhan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Ketapang, Dadi Sunarya Usfa Yursa dan Kluisen sebagai Bupati dan Wakil Bupati Melawi,  Fransiskus Diaan dan Wahyudi Hidayat,  sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu, serta  Sebastianus Darwis dan   Syamsul Rizal sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang.

Pelantikan Bupati Sintang Jarot Winarno dan Wakil Bupati Sintang Sudiyanto, ditandai dengan pengucapan sumpah janji, penandatanganan fakta integritas, pemasangan tanda jabatan, dan penyerahan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia oleh Gubernur Kalbar kepada Bupati dan Wakil Bupati yang dilantik.

Pasangan Jarot Winarno  dan Sudiyanto, dalam pesta demokrasi pada 9 Desember 2020 yang lalu diusung oleh 5 partai politik dengan total 17 kursi di DPRD Kabupaten Sintang.

Adapun kelima parpol tersebut yakni Nasdem, Golkar, PKB, PPP, dan PKPI.  Pasangan ini juga didukung oleh 4 parpol lainnya yakni, PKS, PSI, Partai Berkarya dan  partai Garuda. 

Pada pelaksanaan pilkada Sintang tahun 2015 yang lalu Jarot Winarno, berpasangan dengan Askiman,  meraih kemenangan setelah mendapatkan 93.778 suara atau 41,90 persen. 

Sedangkan saat pelaksanaan pilkada Sintang tahun 2020, Jarot Winarno, berpasangan dengan Sudiyanto, mampu meraih kemenangan setelah mendapatkan 114.529 suara atau 47, 95 persen. 

Pada periode pertamanya memimpin Kabupaten Sintang Jarot Winarno, sebagai Bupati Sintang dan Askiman,  sebagai Wakil Bupati Sintang periode 2016-2021 dilantik langsung oleh Gubernur Kalimantan Barat  Cornelis,  di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar pada Rabu 17 Februari 2016 yang lalu. (*)