Tuah Mangasih : Hati-hati dengan Ancaman Narkoba di Tengah Masa Pandemi


WARTASINTANG.COM - Pada masa pandemi Covid-19 yang telah melanda hampir seluruh dunia yang tidak terkecuali di Indonesia termasuk Kabupaten Sintang sendiri sangatlah berpengaruh pada beberapa aspek kehidupan, seperti ekonomi, sosial, dan lain-lain. 

Tidak terkecuali peredaran narkotika di Kabupaten Sintang. Di tengah terjadinya krisis ekonomi, banyak orang-orang kehilangan pekerjaan atau mata pencaharian dan lain-lain, peredaran narkotika justru meningkat pada masa pandemi Covid-19 ini. 

Hal ini terlihat jelas dari hasil rilis Humas Polres Sintang yang berhasil menangkap pengedar narkoba baru-baru ini. (Bisa lihat di sini =>> http://news.polrestasintang.com/tag/narkoba/)

Menanggapi hal ini Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Tuah Mangasih menegaskan untuk hati-hati terhadap narkoba di tengah masa pandemi. Lebih baik jauhkan diri dari narkoba dan berbagai jenis obat terlarang.

"Memang di saat pandemi tekanan kerja lebih berat dan mungkin juga pikiran lebih stress, tapi jangan terjatuh dalam jeratan narkoba dan obat terlarang. Lebih baik kita alihkan ke hobi-hobi yang sehat seperti pelihara ikan cupang, bersepeda, atau mencoba menggali potensi diri," ujarnya kepada awak media kami, Sabtu (7/11).

Selain itu Tuah Mangasih juga menegaskan pengaruh dunia malam juga bisa menjadi ancaman bagi generasi muda khususnya pelajar dan mahasiswa. 

"Masalah sosial yang dihadapi anak muda Sintang saat ini selain penggunaan narkoba juga menjamurnya tempat hiburan malam," katanya.

Menurutnya, tempat hiburan malam dapat memicu terjerumusnya generasi muda pada pergaulan bebas, mengingat anak muda masih memiliki pemikiran yang labil. Jadi butuh tanggung jawab bersama dalam hal ini, yakni dari orang tua, pemerintah, dan juga lingkungan masyarakat.

Tambahnya, tidak ada agama di dunia ini yang memandang kehidupan malam sebagai hal yang baik. Karena kehidupan malam bisa mengikis iman dan cenderung membawa ke pergaulan bebas.

Menurut Tuah, solusi terbaik yaitu pemerintah mesti segera menyediakan sebuah wadah yang bisa dijadikan tempat anak muda menyalurkan bakat dan kreativitas. Jika ada wadah atau tempat kreativitas yang baik, tentunya akan mengikis pergaulan kurang baik dan menjaga generasi muda tetap di lingkungan yang positif. Sehingga bisa meminimalkan resiko terdampak narkotika dan gaya hidup kehidupan malam lainnya. (*)