Ketua DPRD Sintang: Kepala Desa Harus Kreatif dan Inovatif

WARTASINTANG.COM : Ketua DPRD Sintang, Florensius Roni mengatakan Kepala desa (kades) sebagai pucuk pimpinan dari pemerintah desa dituntut kreatif dan inovatif dalam membangun desanya. Tentu salah satunya yakni bersinergi dengan berbagai pihak. 

"Misalnya memanfaatkan semua potensi sumber daya alam setempat. Sehingga desa ke depannya benar-benar terbangun dan masyarakat desanya sejahtera," ungkapnya kepada wartasintang.com, Senin (26/10).

Ketua DPRD Sintang mengharapkan agar seluruh kepala desa di Kabupaten Sintang untuk terus berinovasi dan berkreasi membangun desanya sesuai dengan potensi wilayah masing-masing, sehingga harapannya untuk membangun Indonesia dimulai dari desa bersama-sama mampu dilaksanakan bersama.

"Sukses pembangunan desa tentu akan sangat tergantung dari inovasi dan kreativitas Kadesnya bersama masyarakat desa, dengan mengembangkan semua potensi sumber daya alam yang dimiliki, baik untuk pengembangan obyek pariwisata, pertanian maupun sektor perkebunan rakyat, termasuk dalam upaya peningkatan ekonomi kerakyatannya," kata dia.

Menurutnya, Kades, perangkat desa serta pendamping desa, dapat bersinergi bagaimana pengelolaan dan perencanaan desa bisa tepat sasaran sehingga bisa menggerakkan ekonomi dan pembangunan desa dimaksudkan. 

"Dengan menggerakkan ekonomi, desa akan mandiri dan produktif dalam menghasilkan produk-produk yang baik. Dengan demikian tidak saja berimbas pada peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, tetapi juga memajukan dan mengembangkan desa,"ujarnya.

Dirinya juga mengharapkan kepada desa yang belum membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk segera membentuk secepatnya. 

"Pembentukan BUMDes diharapkan mampu memaksimalkan potensi masyarakat desa dari aspek ekonomi, sumber daya alam dan sumber daya manusianya. pendirian BUMDes juga menyerap tenaga kerja desa, meningkatkan kreatifitas dan membuka peluang usaha ekonomi produktif mereka yang berpenghasilan rendah," pungkasnya. (CJ)