Dewan Sintang Minta KPU Pastikan Tidak Ada Warga Tidak Masuk di DPT Pilkada 2020


WARTASINTANG.COM : Pilkada Serentak 2020 tinggal menunggu hitungan waktu, yang pelaksanaan pencoblosan akan dilakukan pada 9 Desember mendatang. Oleh karena itu, DPRD Sintang meminta kepada KPU kabupaten Sintang untuk memastikan semua warga sudah masuk di Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Serentak 2020.

Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Sintang, Santosa mengatakan salah satu kerawanan yang bisa terjadi di pilkada, adalah soal proses pemutakhiran data pemilih. Sebab, kesalahan dalam menginput data pemilih akan menyebabkan permasalahan berkepanjangan.

Santosa menyebutkan, para penyelenggara pilkada dari jajaran KPU bisa melakukan tugasnya dan meminimalkan potensi kesalahan menginput data pemilih. Sehingga, petugas pemutakhiran data di lapangan bisa melakukan pendataan secara benar dan akurat.

Menurutnya, data pemilih yang dikumpulkan dan dicatat dari masing-masing kabupaten/kota akan dikirim ke KPU pusat dan dicatat menjadi Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) di Pilkada Serentak 2020.

“Terutama, terkait dengan data pemilih. Kami ingin memastikan, bahwa semua tahapan-tahapan itu bisa berjalan dengan baik. Kalau bicara kerawanan, maka inputnya harus benar dulu. Karena kalau inputnya tidak benar, pasti di belakang outputnya ada masalah. Input data pemilih harus benar. Kita berharap, sampai bulan September tidak ada masyarakat kita yang tidak bisa menggunakan hak pilihnya,” kata Santosa di Gedung DPRD Sintang, Senin (9/11).

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sintang resmi menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sintang Tahun 2020 Jum’at, (16/10/2020) di Hotel My Home Sintang pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sintang Tahun 2020.

Dalam Rapat tersebut ditetapkan jumlah DPT pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sintang Tahun 2020 dengan rincian jumlah pemilih  laki-laki sebanyak 149.164 pemilih dan Perempuan sebanyak 140.390 pemilih dengan jumlah total pemilih sebanyak 289.554 pemilih, yang tersebar di 1.186 TPS.

Jumlah tersebut naik dibandingkan dengan DPS yang telah ditetapkan pada tanggal 14 September 2020 lalu sebanyak 288.888 pemilih. (CJ)