Agrianus : Pelaksanaan Pilkada Butuh Pengawasan Partisipatif


WARTASINTANG.COM - Sebentar lagi Kabupaten Sintang akan menggelar pesta demokrasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sintang pada hari Rabu 9 Desember 2020.

Pemilihan kepala daerah secara langsung ini akan diselenggarakan di sembilan provinsi, 37 kota, dan 224 kabupaten. Pastikan nama Anda sudah terdaftar sehingga dapat menggunakan hak pilih Anda di Pilkada 2020. Pastikan nama Anda atau keluarga/kerabat sudah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau belum.

Untuk mengetahui status apakah nama kita sudah terdaftar sebagai DPT dapat dilihat di portal https://lindungihakpilihmu.kpu.go.id/.

Menanggapi Pilkada Desember 2020 Anggota DPRD Sintang Agrianus mengajak masyarakat untuk membantu masyarakat untuk mengawasi jalannya pesta demokrasi yang sedang berjalan saat ini.

Menurut Agrianus perlu partisipasi masyarakat dalam hal ini. Jika hanya mengandalkan Bawaslu tentulah sangat sangat terbatas untuk mengawal pesta demokrasi ini.

"Kita berharap agar semua masyarakat terlibat dalam mensukseskan pesta besar Kabupaten Sintang ini yang mana terdapat 3 pasangan calon yang akan bertarung. Kita berharap dengan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sintang ini, kita bisa memberikan hak pilih kita pada pemimpin yang ideal untuk kemajuan masyarakat Sintang yang lebih baik," katanya kepada awak media kami, Jumat (6/11).

Menurut Politisi dari Partai Golkar ini pengawasan tahapan Pilkada, Bawaslu tidak dapat mengatasi sendiri tanpa ada keterlibatan masyarakat, satu diantaranya melalui pengawasan partisipatif.

"Pengawasan partisipatif adalah kegiatan yang dilakukan sukarela oleh individu atau lembaga dalam rangka memastikan penyelenggaraan pemilu yang demokratis dan bermartabat," katanya.

Dikatakannya, masyarakat sebagai pengawas partisipasi agar tetap profesional dalam mengawasi perjalanan kampanye paslon Bupati dan Wakil Bupati Sintang di Pilkada Sintang tahun 2020. 

Agrianus berharap pengawasan dilakukan stakeholder di luar pengawasan resmi Bawaslu tetap dilaksanakan secara profesional, proposional, dan mengedepankan etika. (Masius)