Ada 14 Kasus Baru Positif Covid-19 di Kabupaten Sintang, Jarot : 86% Pasien Corona itu Orang Tanpa Gejala


WARTASINTANG.COM - Pemkab Sintang dipimpin langsung oleh Bupati Jarot Winarno selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan  Penanganan Covid-19 Kabupaten Sintang mengumumkan tambahan 14 kasus baru positif Covid-19.

Hal ini didasarkan hasil pemeriksaan swab Polymerase Chain Reaction (PCR) yang di keluarkan oleh laboratorium PCR Untan Pontianak dan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Jakarta pada 17 dan 18 Juni 2020.

Dalam konferensi pers Bupati Sintang menyatakan bahwa 14 kasus baru ini terdiri dari kluster kesehatan 6 orang, kluster umum 3 orang, dan kluster menteng 2 orang, dan kluster tim gugus tugas Covid-19 3 orang.

"Jadi, total konfirmasi positif di Kabupaten Sintang berjumlah 28 kasus, 5 orang sembuh dan sedang 23 orang yang sedang menjalani isolasi mandiri ketat mendapatkan perawatan dan terapi dari tim medis serta di bawah pengawasan gugus tugas, termasuk kasur terbaru yang kita umumkan ini," terang Jarot kepada awak media di Pendopo Bupati Sintang, Jumat (19/05/2020).

Dalam kesempatan ini Jarot juga menyampaikan bahwa 86% pasien Covid-19 di Kabupaten Sintang merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG). 

Dimana sejak dinyatakan reaktif pada saat rapid test sudah isolasi mandiri di bawah pengawasan gugus tugas, kemudian setelah di swab, hari ini hasilnya keluar dinyatakan positif dan melanjutkan isolasi mandiri ketat di pindahkan kerumah sakit untuk mendapat perawatan medis dan terapi. Untuk itulah ia meminta masyarakat agar tidak panik dan memberi stigma negatif.

"Kita bersyukur kasus di Kabupaten Sintang ini semuanya OTG, belum ada kasus meninggal, mudah-mudahan tidak ada sehingga fatalitynya atau angka kematian corona di Sintang ini nol ya, artinya masih ringan sekali tidak ada yang meninggal, mudah-mudahan demikian terus lah,” ujar Jarot. (*)