Harapan Ketua DPRD Sintang di Hardiknas Saat Pandemi


WARTASINTANG.COM - Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Florensius Ronny berharap Peringatan Hari Pendidikan (Hardiknas) Tahun 2020, harus menjadi momen kebangkitan dan perbaikan dunia pendidikan.

Selain itu, Ronny juga berharap ditengah bencana wabah Covid-19 yang sedang melanda negeri ini, tetap semangat mencerdaskan anak bangsa di semua lini kehidupan untuk terus mengejar prestasi untuk menimba ilmu dan melahirkan karya-karya terbaik.

Walau tahun ini peringatan Hari Pendidikan Nasional terasa berbeda dan ditiadakannya penyelenggaran upacara bendera seperti biasanya akibat adanya pandemi COVID-19.

Melalui surat yang ditandatangani Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 42518/MPK.A/TU/2020 tanggal 29 April 2020, tahun ini Kemendikbud meniadakan penyelenggaraan upacara bendera yang biasanya rutin dilakukan. Hal ini dilakukan tak lain sebagai bentuk pencegahan penyebaran Coronavirus Disease 2019.

Adapun tema dari Hardiknas tahun ini adalah "Belajar Dari Covid-19".

Terkait hal tersebut, Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny mengungkapkan kepada awak media kami melalui pesan WhatsApp, Sabtu (2/5/2020) bahwa Hari Pendidikan Nasional yang berusia 112 tahun, untuk tahun ini diperingati ditengah pandemi virus corona yang melanda Indonesia dan dunia.

"Untuk tahun ini, kita semua sangat prihatin. Semua sendi kehidupan kita jadi terbatas, terkhusus dunia pendidikan mulai dari PAUD hingga Perguruan Tinggi diliburkan. Semua belajar dari rumah baik online maupun offline. Namun saya percaya, semua pelajar dan mahasiswa masih tetap bersemangat dengan kondisi ini," ujarnya.

Begitu juga dengan orang tua, kata Florensius Ronny, turut menyadari betapa sulitnya tugas guru untuk bisa mengajar anak secara efektif di tengah pandemi Covid-19. 

“Guru, siswa, dan orang tua sekarang menyadari bahwa pendidikan itu bukan sesuatu yang hanya bisa dilakukan di sekolah saja." ungkap Ketua DPRD Sintang ini. 

Sambil berharap pandemi ini lekas berlalu namun semangat untuk menimba ilmu harus tetap dipacu.  Selamat hari Pendidikan Nasional dan majulah dunia pendidikan di Indonesia. (*)