Dinsos Sintang Mulai Salurkan Bantuan Berat Pemprov Kalbar Untuk Masyarakat Terdampak COVID-19

WARTASINTANG.COM - Pandemi Virus Corona tak hanya beresiko terhadap orang-orang mampu yang suka melancong ke luar negeri. Meluasnya penyebaran COVID-19 ini menjadikan masyarakat tidak mampu dan yang mengandalkan pendapatan harian menjadi salah satu kategori yang paling rentan terdampak virus corona.

Hal ini disadari oleh Pemprov Kalbar sehingga segera meluncurkan bantuan untuk semua Kabupaten yang ada di wilayah Kalbar. Kabupaten Sintang di sini mendapat bantuan sosial beras sebanyak 715.180 kilogram yang nantinya akan diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebanyak 35.759 KPM.

Dan hari ini Pemerintah Kabupaten Sintang mulai menyalurkan program bantuan sosial berupa beras untuk masyarakat terdampak virus corona. Kegiatan ini dilangsungkan di depan kantor Camat Sintang, Senin (06/04/2020). 

“Penyaluran bantuan beras ini akan didistribusikan oleh Bulog Sub-Drive Sintang ke kecamatan-kecamatan dan desa-desa sesuai jadwal yang telah di tentukan. Biaya pengangkutan dari kecamatan ke desa akan ditanggung melalui alokasi dana desa masing-masing,” ungkap Setina Kepala Dinas Sosial Sintang.

“Masing-masing keluarga penerima manfaat akan mendapatkan 20 kilogram” lanjutnya.

Sementara itu bagi masyarakat yang bukan termasuk dalam Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Pemkab Sintang menyediakan bantuan beras sebanyak 100 ton. Untuk itu para Lurah, Kades di minta mendata warganya yang bukan dalam ketegori Keluarga Penerima Manfaat (PKM), kemudian di sampaikan ke Dinas Sosial Kabupaten Sintang.

Dalam proses penyalurannya Dinsos Sintang akan melibatkan unsur oleh TNI-Polri yang akan mengantar langsung ke alamat warga masing-masing, sehingga penyaluran beras tersebut tidak mengumpulkan orang dalam skala besar.

Hadir dalam acara tersebut Dandim 1205/Sintang, Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Wakapolres Sintang, sejumlah pimpinan OPD di lingkungam Pemkab Sintang dan pihak terkait lainnya. (*)