Pemkab Sintang Luncurkan Website Lawan COVID-19


WARTASINTANG.COM - Pemerintah Kabupaten Sintang melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang meluncurkan website untuk melawan Virus COVID-19. Dengan mengusung tagline Bersama Lawan Corona Pemkab Sintang mengajak masyarakat Kabupaten Sintang untuk turut aktif di dalam melawan Virus Corona.

Pemkab Sintang meluncurkan website www.dinkessintangonlinereport.net menyikapi perkembangan virus corona (COVID-19). Website itu bisa diakses melalui dekstop maupun mobile phone.

Melalui website ini Posko Gugus Tugas COVID-19 Dinas Kesehatan Sintang meminta masyarakat peduli dan menjaga lingkungan bebas dari Corona dengan cara melaporkan apabila ada keluarga, tetangga, atau orang yang diketahui baru kembali dari daerah yang terkonfirmasi positif Virus Corona.

Seperti yang tertulis di laman Facebook Prokopim Sintang - https://www.facebook.com/humas.pemdasintang, Senin (30/03/2020), "Kembali lagi kami ingatkan kepada seluruh masyarakat Kab.Sintang apabila anda keluarga anda, sahabat, tetangga dan lainnya yang pulang bepergian dari daerah yang sudah ada kasus positif Covid-19, atau dari daerah yang sudah di nyatakan sebagai Local Transmisi, ada gejala maupun tidak ada gejala serta pernah ada riwayat kontak dengan penderita Covid-19 segera lapor melalui Link: http://dinkessintangonlinereport.net."

Di dalam laman Facebooknya Posko Gugus Tugas COVID-19 juga memberikan tutorial bagaimana cara mengisi online report tersebut seperti bisa dilihat dari video ini 

Adapun tujuan dari pelaporan ini untuk membantu Dinas Kesehatan Sintang guna melakukan pendataan bagi tiap warga Sintang yang baru balik dari daerah yang sudah terkonfirmasi ada pasien positif Corona apalagi sudah status local transmisi - yaitu penyebaran dari orang ke orang dalam wilayah tersebut.

Jangan takut untuk melaporkan keadaan diri saat ini. Justru dengan melaporkan kita semua dapat menyelamatkan diri kita sendiri, keluarga, serta orang lain yang kita sayangi di sekitar kita.

Penulis sendiri merupakan salah satu ODP dikarenakan baru balik dari daerah terkonfirmasi positif Corona. Setelah melakukan pelaporan pihak Dinkes Sintang akan melakukan pemantauan berkala kondisi ODP hingga 15 hari ke depan sejak pelaporan. Jadi masyarakat tidak perlu kuatir ataupun takut karena ini adalah prosedural normatif guna meredam penyebaran Virus Corona.

Jadi mari kita bersama lawan Corona. (*)