Pemkab Sintang Buka Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi di Teluk Menyurai


WARTASINTANG.COM -  Dalam meningkatkan kemampuan kerja maka keahlian yang ada harus diupgrade supaya bisa memberikan kepuasan kepada konsumen dengan cara meningkatkan kualitas barang atau jasa yang dijual. Dan jika tiap pekerja mampu mengupgrade keterampilan mereka maka bisa menciptakan kemampuan serta keahlian pekerja yang handal dalam bidang nya masing-masing.

Hal ini disampaikan oleh Asisten III Bidang Aministrasi Umum Zulkarnaen Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang mewakili Bupati Sintang ketika membuka pelatihan kerja berbasis kompetensi (BLK) gelombang pertama yang dilaksanakan di Aula Loka Latihan Kerja Teluk Menyurai, Rabu (4/2/2020).

Pemkab Sintang di bawah kepemimpinan Jarot Winarno mengapresiasi pelatihan kerja berbasis kompetensi agar tiap pekerja yang ada memiliki skill dan kemampuan sesuai bidang pekerjaannya masing-masing. Jika ini benar-benar diterapkan maka otomatis akan menciptakan iklim usaha yang baik, serta mengurangi angka penganguran serta angka kemiskinan.

Dalam kesempatan ini Zulkarnaen berharap kegiatan PBK ini mampu membentuk sikap mental bagi para peserta dalam menghadapi persaingan global. Tenaga kerja yang handal pastinya akan siap berkompetensi dan memberikan kepuasan bagi pemberi kerja.

"Mampu mempersiapkan tenaga kerja terampil, berkompetensi sesuai dengan kebutuhan dalam mengisi lowongan kerja yang ada, mampu menciptakan keterkaitan dan kesepadanan antara dunia pelatihan sebagai penyuplai tenaga kerja dan usaha kecil menengah sebagai penguna tenaga kerja untuk mempersiapkan serta membangun sumber daya manusia di daerah kita," ujar Zulkarnaen. (*)