Akhirnya Listrik PLN 'Setrum' Desa Semajau Mekar Ketungau Hilir

WARTASINTANG.COM - Pemerintah Kabupaten Sintang merampungkan program Listrik Desa (LISDES) tahun 2019 di Desa Semajau Mekar Kecamatan Ketungau Hilir yang merupakan kebijakan dari Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan jaringan listrik menjangkau seluruh desa di Indonesia tahun ini.

Bupati Sintang turun langsung guna meresmikan masuknya PLN ke Desa Semajau Mekar. Turut hadir Anggota DPRD Propinsi Kalimantan Barat Terry Ibrahim, Anggota DPRD Sintang Melkianus, Kepala Pekerjaan Umum Sintang Murjani, Kepala Bappeda Sintang Kartiyus, Kabag Prokopim Iwan Kurniawan, Camat Ketungau Hilir  Simin, Kades Semajau Mekar Jaka Ikhsani Pradana, Forkopimcam, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, serta  para Tokoh Adat, Selasa (17/03/2020).

Jarot Winarno mengatakan bahwa Sintang merupakan salah satu kabupaten yang mendapat prioritas LISDES. "Kabupaten lain hanya mendapatkan empat desa untuk Program Lisdes ini,  dan Kabupaten Sintang mendapatkan sebanyak dua puluh satu desa untuk Tahun 2020 ini," ujar Jarot.

“Inilah yang dikatakan negara hadir di desa kita, dari beberapa kali saya ke desa-desa baik dalam kunjungan maupun kegiatan- kegiatan pemerintah, yang selalu diminta masyarakat adalah yang pertama  masalah jalan , kedua masalah listrik, ketiga tower Telkom, dan yang ke empat yang diminta agar harga kulat naik, dan ini sebenarnya  yang selalu  menjadi perjuangan saya sebagai Bupati Sintang selama ini untuk peningkatan perekonomian di masyarakat,” jelas  Jarot Winarno.

Dengan di'setrum' PLN Desa Semajau Mekar Jarot Winarno Jarot berharap desa ini bisa berkembang menjadi desa mandiri. Karena dengan masuknya listrik tentu menjadi daya ungkit besar.

Dalam kesempatan tersebut Anggota DPRD Propinsi Kalimantan Barat Terry Ibrahim menyatakan,  "Masuknya sarana pelayanan listrik PLN di Desa Semajau Mekar ini tidak haya bisa menjadi penerangan saja, tetapi  juga bisa meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat. Ibu-ibu membuat es, membuat kue dan produk usaha masyaarakat lainnya,” ujarnya. (*)