Total 2.940 Peserta Ikut Tes CPNS di Kabupaten Sintang

WARTASINTANG.COM - Pemerintah Kabupaten Sintang melakukan tes CPNS formasi tahun 2019. Menurut Bupati Sintang minat pelamar dalam tes kali ini sangat tinggi. Keterbatasan pekerjaan dan tingginya tingkat pengangguran membuat antusiasme pelamar sangat tinggi juga.

“Kita sadari bahwa masalah di Sintang ini sama dengan masalah di kabupaten-kabupaten lain yakni kurangnya lapangan pekerjaan untuk generasi muda, selain itu juga generasi muda ternyata keinginan untuk bekerja itu sangat tinggi sementara kesempatan untuk bekerja sangat terbatas,” kata Jarot.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah datang langsung untuk memberikan motivasi bagi para pelamar supaya mengerjakan soal dengan baik dan teliti. Dalam kunjungannya Yosepha Hasnah juga didampingi Palentinus Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sintang dan jajaran, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemkab Sintang dan peninjau dari Badan Kepegawaian Negara melakukan pemantauan proses seleksi CPNS hari dan sesi pertama di Aula SMK Negeri 1 Sintang, Senin (3/2/2020).

Menurut data yang diperoleh dari Apolonaris Biong selaku Ketua Tim Pengawas dan Pengendali Seleksi CPNS tahun 2019, jumlah peserta yang mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar CPNS tahun 2019 totalnya itu sebanyak 2.940 orang. 

"Dibagi tiga formasi, untuk formasi tenaga pendidik sebanyak 467 orang, untuk formasi tenaga kesehatan sebanyak 1.072 orang, formasi tenaga teknis 1.401 orang," kata Biong.

Dan Biong juga menjelaskan bahwa pelaksanaan ini sesuai dengan formasi yang dibutuhkan oleh Pemkab Sintang sesuai dengan Keputusan MENPAN-RB ada 249 formasi.

"Untuk tenaga teknis 108 orang yang dibutuhkan, tenaga pendidikan 81 orang yang dibutuhkan, dan tenaga kesehatan 60 orang yang dibutuhkan," lanjutnya.