RSUD Ade M Djoen Sintang Siapkan Ruang Isolasi Untuk Pasien Corona

WARTASINTANG.COM – Baru-baru ini dunia dikejutkan dengan munculnya Virus Corona yang penyebarannya sangat cepat dan menjadi ancaman di seluruh dunia. 

Dan RSUD Ade M Djoen Sintang di bawah pimpinan Rosa Trifina segera melakukan tindakan preventif dengan menyiapkan ruang isolasi khusus untuk pasien yang terinfeksi Virus Corona dan sebagai syarat bahwa RSUD Sintang siap menjadi rumah sakit rujukan untuk penanganan virus ini.
Persiapan ini dinilai harus dilakukan walaupun hingga saat ini belum ada laporan warga Sintang yang terinfeksi virus ini.

"Sampai saat ini belum ada laporan. Kalau cuma batuk pilek banyak. Tapi kalau spesifik corona belum ada laporan," ungkap Rosa , Rabu (5/2/2020).

Persiapan ruang isolasi ini juga merupakan langkah persiapan karena RSUD Ade M Djoen Sintang dipercaya sebagai  salah satu rumah sakit rujukan penanganan Virus Corona di Wilayah  Timur Kalimantan Barat. “Tentu saja sebagai rumah sakit rujukan, kita dituntut menyiapkan segala sesuatu terkait jika adanya endemik ataupun kejadian luar biasa,” ujar Rosa.

Setiap rumah sakit rujukan yang menangani pasien terjangkit Virus Corona harus mempunyai syarat berupa tersedianya fasilitas ruang isolasi. Syarat tersebut berlaku bagi semua rumah sakit rujukan yang menerima pasien terduga terinfeksi Virus Corona.

Ruang isolasi yang dipersiapkan RSUD Ade M Djoen Sintang akan difasilitasi sejumlah tempat tidur dan dilengkapi tekanan negatif. Selain itu juga terdapat Alat Pelindung Diri atau APD seperti masker dan baju khusus.

“Ruangan isolasi nanti juga didesain sedemikian rupa dengan pengalihan udara yang tidak mencemari lingkungan sekitar. Semuanya sudah kita siapkan, termasuk tim isolasi, serta obat-obatan,”tambah dokter Rosa. (*)