Jarot : Kapal Bidar Pelangi Jubair Hidupkan Kembali Potensi Wisata Sungai


WARTASINTANG.COM - Kabupaten Sintang memiliki potensi wisata sungai yang sangat bagus. Kawasan yang merupakan persimpangan besar Sungai Kapuas dan Sungai Melawi yang membentuk simpang tiga sungai atau yang sering dikenal masyarakat Kabupaten Sintang sebagai kawasan Saka Tiga membuat wisata sungai terlihat menarik dan bisa menarik banyak pengunjung untuk berwisata di sekitar areal tersebut.

Dan Hadirnya Kapal Wisata Bidar Pelangi Jubair di Bumi Senentang ini memiliki potensi untuk menghidupkan kembali potensi wisata sungai di Kabupaten Sintang. Hal ini disampaikan oleh Bupati Sintang ketika meresmikan kapal wisata ini.

Menurut Jarot Winarno Kabupaten Sintang lekat dengan kehidupan di sungai. “Dulu banyak kapal di Kota Sintang, seperti Junjung Buih tetapi sudah tidak ada lagi, jadi dengan adanya Kapal Bidar Pelangi Jubair ini bisa menghidupkan kembali budaya sungai, menghidupkan sektor wisata sungai di Kota Sintang, karena wisata sungai masih dicari oleh masyarakat,” ujarnya (20/02/2020).

Apalagi, sambung Jarot , bahwa masyarakat dari dulu hingga kini yang berada di pesisir sungai masih melakukan aktivitas kawasan pinggiran sungai, “Sungai di Sintang masih hidup, banyak orang melakukan aktivitasnya di sungai, sehingga dengan hadirnya kapal bidar ini bisa menambah wisata sungai di Kota Sintang,” tambahnya.

Untuk itu Pemkab Sintang mendukung penuh apa yang sudah saat ini dan meminta masyarakat Sintang untuk menjaga kapal bidar ini sambil mengoptimalkan potensi wisata sungai ini sehingga bisa menjadi salah satu objek wisata sungai.

Ada banyak negara atau daerah yang ditopang oleh objek wisata airnya. Jika wisata sungai ini dimaksimalkan bisa saja juga menjadi salah satu ikon wisata di Kabupaten Sintang nantinya. (*)