Bupati Sintang Meresmikan Kapal Bidar Pelangi Jubair, Destinasi Wisata Sungai di Sintang


WARTASINTANG.COM - Kabupaten Sintang merupakan daerah dengan potensi wisata sungai yang sangat baik sebab kawasan ini merupakan persimpangan besar Sungai Kapuas dan Sungai Melawi yang membentuk simpang tiga sungai yang dikenal masyarakat Kabupaten Sintang sebagai kawasan Saka Tiga.


Dahulu, kawasan Saka Tiga merupakan lokasi strategis dalam aspek ekonomi dan pemerintahan di Kabupaten Sintang, sebab pada masa itu transportasi air masih jadi andalan.

Adapun tempat-tempat yang berada di sekitar lokasi Saka Tiga yaitu Taman Bungur Sintang, Pendopo Bupati Sintang, Istana Al-Mukarammah Sintang, Pasar dan Pelabuhan Sungai Durian.

Dan dengan hadirnya Kapal Wisata Bidar Pelangi Jubair yang digagas oleh Majelis Adat Budaya Melayu Kabupaten Sintang tentunya akan menggelorakan wisata sungai di Kabupaten Sintang.

Kapal Wisata Bidar Pelangi Jubair diresmikan langsung oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno dengan ditandai penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita, yang dilaksanakan di Taman Bungur, depan Pendopo Bupati Sintang, pada Kamis (20/02/2020).

Menurut Bupati Sintang, Jarot Winarno dengan hadirnya kapal wisata bidar Pelangi Jubair ini dapat menghidupkan wisata sungai di Kota Sintang, “Dulu banyak kapal di Kota Sintang, seperti Junjung Buih tetapi sudah tidak ada lagi, jadi dengan adanya Kapal Bidar Pelangi Jubair ini bisa menghidupkan kembali budaya sungai, menghidupkan sektor wisata sungai di Kota Sintang, karena wisata sungai masih dicari oleh masyarakat,” ujarnya.

“Sungai di Sintang masih hidup, banyak orang melakukan aktivitasnya di sungai, sehingga dengan hadirnya Kapal Bidar ini bisa menambah wisata sungai di Kota Sintang,” tambahnya.

Setelah kegiatan peresmian, Bupati Sintang beserta rombongan, mengelilingi pinggiran Sungai Kapuas dan Sungai Melawi menggunakan Kapal Wisata Bidar Pelangi Jubair.