Antisipasi Virus Corona, Dinkes Sintang Ajak Masyarakat Bangun Pola Hidup Sehat


WARTASINTANG.COM - Merebaknya virus Corona di Wuhan, China menjadi perhatian dunia saat ini. Setiap negara berjaga-jaga karena kuatir baru virus ini menyebar di daerahnya. Untuk itu Dinas Kesehatan Sintang pun mengajak masyarakat untuk membangun pola hidup sehat dan bersih guna memutus rantai penularan virus ini.

Kepala Dinas Kesehatan Sintang menjelaskan bahwa hingga saat ini kondisi Sintang masih aman dan tentu saja harapannya aman selalu dari penularan virus ini. Sampai saat ini belum ada masyarakat Sintang yang terjangkit virus ini, termasuk mahasiswi asal Sintang, Fitri Ayesti yang pada 28/1/2020 lalu telah tiba di Sintang dari Hefei, Anhui, Cina. 

"Di Sintang memang belum terdeteksi termasuk mahasiswi Sintang yang beberapa bulan yang lalu pulang dari Cina. Namun, kita tetap mengantisipasi segala kemungkinan penyebaran virus tersebut dengan pola hidup sehat," ungkap Harysinto melalui pesan singkatnya kepada awak media kami melalui pesan WhatsApp, Minggu, (9/2/2020).

Harysinto menjelaskan pola hidup sehat yang dimaksud adalah mencuci tangan dengan benar, menggunakan masker saat beraktivitas, menjaga daya tahan tubuh.

Menurutnya pemutusan penularan virus Corona cukup sederhana. Masyarakat bisa memulai dengan kebiasaan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Bisa juga menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60%.

Selain itu kita juga diminta untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C untuk meningkatkan imun tubuh. Pemakaian masker hanya boleh sekali pakai saja.

"Masker bedah merupakan masker sekali pakai yang umum digunakan. Masker ini mudah ditemukan, harga nya terjangkau dan nyaman dipakai. Sehingga banyak orang yang menggunakan masker ini untuk beraktivitas sehari - hari. Sedangkan masker N95 adalah masker yang dirancang khusus untuk menyaring partikel di udara. Jenis masker inilah yang sebenarnya lebih direkomendasikan untuk mencegah infeksi virus Corona," jelas Harysinto. (*)