Jeffray : Dukung Kemajuan Pariwisata dengan Membangun Sarana Pendukung


WARTASINTANG.COM – Daerah-daerah yang sejak awal berkomitmen penuh dengan pariwisata pun kini sudah semakin maju. Hal ini terjadi karena pariwisata terbukti bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Bahkan, sejumlah PAD di beberapa daerah mengalami lonjakan tajam dengan pembangunan infrastruktur dan program-program pariwisata yang tepat sebagai kuncinya. 

Sebagai contoh, sejak memiliki Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung, PAD di Belitung meningkat 300% selama 4 tahun. Hal ini disebabkan oleh kunjungan wisatawan melonjak sehingga dampak perekonomian pun kian dirasakan masyarakat. 

Terkait hal ini Wakil ketua DPRD Kabupaten Sintang, Jeffray Edward  meminta kepada pemerintah Kabupaten Sintang untuk terus menggali potensi destinasi pariwisata baru yang ada di Kabupaten Sintang.  Selain akan membuka peluang usaha yang bisa langsung menyentuh masyarakat luas di semua lapisan dan juga akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui retribusi dan pajak.

“Pemerintah diminta untuk mendukung kemajuan wisata dengan membangun sarana pendukung seperti jalan jembatan yang layak dan membuat yang berhubungan dengan kepariwisataan,” pintanya, Jumat (22/11/19).

Jeffray mengatakan banyak potensi wisata di Kabupaten Sintang namun masih belum ditata dan dikelola dengan baik, “kontribusi dalam peningkatan asli daerah di sektor pariwisata juga akan lebih besar kalau tertata dengan baik,” bebernya.

Menurutnya sarana pendukung untuk pariwisata penting jadi perhatian pemerintah. Karena akan berdampak pada daya tarik objek pariwisata tersebut. “sarana pendukung seperti akses jalan harus dibangun supaya memundahkan masyarakat atau turis mengunjungi objek wisata,” pungkasnya.

Sudah banyak daerah yang terbantu pendapatan daerahnya dari sektor pariwisata. Jadi sudah sepatutnya Sintang memaksimalkan potensi wisata yang ada di daerahnya dan Pemkab Sintang membantu dengan membangunan sarana prasarana penunjang pariwisata tersebut. (*)