Hari Guru Nasional 2019, Ini Harapan Dewan Sintang


WARTASINTANG.COM - Tanggal 25 November menjadi hari bahagia buat guru-guru di Indoesia. Pasalnya pada hari ini kita memperingati hari Guru Nasional. Setiap tanggal ini pula bagi kita yang sudah menyelesaikan pendidikan formal selalu mengenang jasa para guru. Kita mengenang jasa-jasa para guru kita yang telah berjasa mendidik kita selama ini.

Terkait hal ini Anggota DPRD Sintang dari Partai Hanura, Lim Hie Soen, mengingatkan kita bahwa banyak Pahlawan Tanpa Tanda Jasa saat ini yang hidup dalam taraf hidup 'Umar Bakrie' seperti yang dilagukan oleh Iwan Fals. Jadi sudah sepatutnya mendapat perhatian lebih guna meningkatkan kesejahteraan hidup mereka.

Dengan beban dan tanggung jawab besar guna mencerdaskan kehidupan bangsa, sudah seharusnya guru mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah guna menunjang kesejahteraan hidupnya. Tidak dapat dipungkiri saat ini banyak guru yang mengajar sambil bekerja sambilan guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Apalagi kalau status masih guru honorer.

"Guru itu pahlawan dan pendidik kita semua, tanpa ada guru tidak mungkin ada Presiden, Insiyur, Dokter, dan berbagai profesi lainnya. Guru memang bukan orang hebat tetapi semua orang hebat adalah berkat  jasa seorang guru," kata Lim Hie Soen ketika dihubungi melalui pesan via Whatsapp, Senin (25/11/19).

Oleh sebab itu ia berharap memasuki periode kedua pemerintahan Jokowi yang memprioritaskan pembangunan SDM guru mendapat skala prioritas dalam ide dan narasi besar pembangunan SDM.

Lim Hie Soen menambahkan guru bukan hanya pengajar, bukan hanya bekerja mentransfer ilmu, tetapi guru juga bekerja untuk mendidik, dimana dalam mendidik dibutuhkan sentuhan-sentuhan personal yang tidak bisa dilakukan oleh kemajuan teknologi. "Disinilah peran penting para guru," ujarnya.

Dan arah perbaikan pendidikan di Indonesia sepertinya mendapat titik cerah ketika Presiden Jokowi menunjuk Nadiem Anwar Nakarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Ia berharap Menteri 'millenial' ini bisa meningkatkan kesejahteraan guru dan memajukan pendidikan di Indonesia. Terima kasih Bapak/Ibu Guru! Selamat Hari Guru. (*)