Dewan : Orangtua Harus Tegas Mengontrol Pergaulan Anak

WARTASINTANG.COM - Anggota DPRD Sintang dari Komisi A, Maria Magdalena mengungkapkan, para orangtua harus lebih tegas memperhatikan pergaulan anak-anaknya. Hal tersebut diungkapkannya  terkait dengan hasil razia pekat yang digelar Pol PP Kabupaten Sintang yang mendapati anak dibawah umur terjaring razia tersebut.

“Kita berharap supaya orangtua lebih waspada lagi terhadap anak-anaknya. Kalau keluar rumah tanyakan kemana jalannya dan pastikan pada tujuan yang jelas dan waktu, selalu dikontrol. Kita sangat prihatin, apalagi anak perempuan jam 11 malam kok bisa berada di luar rumah,” ujarnya, Minggu (3/11/2019)

Dirinya sangat memberikan apresiasi langkah tegas yang diambil Pol PP dalam razia tersebut, dengan berharap agar razia lebih kontinyu untuk dilaksanakan, termasuk menyisir di tempat-tempat kos pelaja dan masasiswa. Menurut Maria, pada usia SMP dan SMA, yang perlu dikontrol adalah teman anak. Sebab selain pola asuh, pergaulan turut menyumbang karakter dan moril seorang remaja.

"Pada usia SMP dan SMA, yang perlu dikontrol adalah temannya, dia berteman dengan siapa, kemana, sama siapa, ngapain dan pulan jam berapa. Ini semua harus dikontrol," jelasnya.

Dirinya menambahkan, kontrol harus lebih intens dijaman sekarang ini, karena jaringan sosial yang begitu luas, para remaja dipastikan kan lebih mudah terpengaruh terhadap berbagai hal.

"Perlu dikuatkan untuk usia remaja mengetahui bagaimana anak-anak kita dan siapa teman-temannya. Dan paling penting ialah kita harus punya waktu bersama keluarga," terangnya. (*)