Hadiri HUT IBI ke- 68, Jarot Menyampaikan Ada 3 Tantangan Global Menuju Generasi Emas Sintang 2045


WARTASINTANG.COM - Musyawarah Cabang Ikatan Bidan Indonesia VII dan HUT IBI ke-68 dilakukan di Rumah Adat Melayu Tepak Sirih di Jalan YC Oevang Oeray, Sintang. Kegiatan ini mengambil tema Bidan Melindungi Hak Kesehatan Reproduksi Melalui Pemberdayaan Perempuan dan Optimalisasi Pelayanan Kebidanan. 

Tampak hadir dalam acara ini Bupati Jarot, 384 anggota IBI Kabupaten Sintang, Ketua Pengurus Daerah IBI  Provinsi Kalimantan Barat Uray Rusdiana, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang Harisinto Linoh, anggota Forkopimda Kabupaten Sintang dan tamu undangan lainnya (2/11/19).

Dalam sambutannya Bupati Sintang menyampaikan bahwa untuk menjadi bangsa yang besar maka ada dua hal yang harus diperjuangkan.

“Yang pertama adalah bangsa kita harus mampu memacu pertumbuhan ekonomi diatas 5 persen dengan  terus meningkatkan inovasi. Kita harus melakukan pekerjaan dan tugas kita dengan yang luar biasa bukan yang biasa-biasa saja. Kedua adalah dengan memacu pembangunan manusianya. Maka saya senang bidan terus menggaungkan pemberdayaan masyarakat,” terang Bupati Sintang.

Menurut Jarot bidan memiliki peranan penting guna memajukan SDM. Oleh sebab itu kehidupan dan kesejahteraan bidan harus diperhatikan.

“Sejak saya menjadi Bupati, dari total 200 bidan yang magang, kita sudah angkat 100 menjadi kontrak. Pada penerimaan CPNS Tahun 2019 ini, kita buka 39 formasi untuk tenaga bidan. Tetapi tempatnya jauh.  Kalian harus berani ambil meskipun jauh. Bidan juga harus mampu menghadapi era 4.0. mau tidak mau, kalian harus hadapi. Misalkan  download aplikasi aplikasi kesehatan yang bisa membantu pekerjaan kalian,” saran Bupati Sintang.

Dan untuk mencapai generasi emas tahun 2045 menurut Jarot secara global ada tiga tantangan yang harus didayagunakan IBI.

“Tingginya angka kematian ibu, rendahnya toleransi tehadap HIV AIDS dan rendahnya pemahaman kesadaran  seksual serta program  Keluarga Berencana yang sudah mengalami kemunduran,” ujarnya. (*)