SMAN 1 Sintang Wakili Kabupaten Sintang Ikut Lomba Kadarkum Tingkat Provinsi

WARTASINTANG.COM - Kadarkum adalah wadah yang berfungsi untuk menghimpun warga masyarakat yang dengan kemauannya sendiri berusaha untuk meningkatkan kesadaran hukum bagi dirinya.

Wadah ini ada di setiap wilayah guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan hukum. Dan di Kabupaten Sintang sendiri program Kadarkum juga menyasar generasi muda Sintang.

Hasilnya sebanyak lima orang yang tergabung dalam Kelompok Keluarga Sadar Hukum, yang semuanya adalah pelajar SMA Negeri 1 Sintang, mewakili Kabupaten Sintang untuk mengikuti Lomba Kelompok Keluarga Sadar Hukum tingkat provinsi Kalimantan Barat pada tanggal 15 - 17 Oktober mendatang.

Keberhasilan mewakili Kabupaten Sintang tersebut mendapatkan apresiasi dari anggota DPRD Sintang, Senen Maryono. Ditemui awak media kami, Sabtu (12/12/2019), politikus PAN ini menyatakan kegembiraannya atas keberhasilan pelajar SMA Negeri 1 Sintang mewakili Kabupaten Sintang ditingkat Provinsi.

"Alhamdullilah anak-anak kita berhasil mewakili kabupaten Sintang ditingkat provinsi dalam lomba Kelompok Keluarga Sadar Hukum. Ini membuktikan sebenarnya anak-anak remaja sekarang sangat memahami persoalan hukum, hanya saja perlu untuk terus ditingkatkan," kata Senen Maryono.

Menurut Senen, pesatnya perkembangan teknologi saat ini sangat mempengaruhi segala sendi kehidupan dimasyarakat, khususnya para generasi muda sebagai penerus pembangunan daerah, bangsa dan negara. Jika hal tersebut tidak diikuti dengan pengetahuan hukum maka dikhawatirkan generasi muda akan terjebak dan dapat dimanfaatkan untuk hal-hal yang melanggar aturan hukum.

Dengan keberhasilan mewakili Kabupaten Sintang, lanjut Senen Maryono, diharapkan semakin dapat memberikan pemahaman terhadap norma hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku guna mewujudkan dan mengembangkan kesadaran hukum masyarakat.

"Semoga anak-anak yang akan tampil tanggal 15 Oktober nanti dapat memberikan hasil yang terbaik bagi nama daerah dan sekolah," kata Senen Maryono. (*)