Percepatan Pelaksanaan MTQ Sintang, Ini Kata Asisten Sekretariat Daerah Sintang


WARTASINTANG.COM - Tahun depan akan dilaksanakan kegiatan MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Barat di Sekadau, tepatnya pada bulan April 2020. 

Untuk itu menurut Kurniawan selaku Pelaksana Tugas Asisten Sekretariat Daerah Bidang Pemerintah adalah langkah yang tepat untuk mempercepat kegiatan MTQ Tingkat Kabupaten Sintang. Semula kegiatan akan dilaksanakan pada tahun 2020 namun atas beberapa pertimbangan, kegiatan MTQ tingkat Kabupaten Sintang akan dilaksanakan pada 2-6 Desember 2019. 

Dan sebagai persiapan untuk pelaksanaan ini Kurniawan membuka ekspose rencana kegiatan MTQ Tingkat Kabupaten Sintang XXIV tahun 2019 di Balai Ruai Komplek Rumah Dinas Bupati Sintang, Selasa (30/10/2019).

Menurut Kurniawan kegiatan ini sepenuhnya mendapat dukungan dari Bupati dan berbagai instansi terkait yang ada di Kota Sintang. “Untuk itu kita mintakan semua kecamatan ikut ambil bagian dalam setiap sesi dan kualifikasi,” tambahnya. 

Panitia MTQ akan memperlombakan 5 cabang dari 30 golongan lomba yang ada. Adapun ke-5 cabang lomba yang dipertandingkan adalah cabang lomba bidang Tilawah, Hifzhil, Fahmil, Sarhil dan Khath. Jadi para Khalifah kecamatan dapat mempersiapkan diri. Panitia akan menjamin berbagai kebutuhan para peserta nantinya.

Menurut Kurniawan percepatan kegiatan ini adalah untuk persiapan mengikuti MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Barat di Sekadau pada April 2020 nanti.

“Selain itu kita juga ingin menyediakan wadah untuk menumbuhkan kecintaan dan pemahaman  terhadap kitab suci Al’Quran sebagai wujud pencapaian visi masyarakat Sintang yang religius,” katanya lagi. 

Agenda lain selain lomba, panitia juga mengadakan pawai Ta’aruf dan pameran Islami.  Kegiatan ini juga dilangsungkan di beberapa fasilitas pubik yang tersebar di Kota Sintang, mulai dari Gedung Pancasila, Pendopo rumah dinas Bupati hingga di eks. Lapangan Terbang Susilo. 

Kegiatan ini mendapat respon positif dari tiap perwakilan kecamatan yang hadir. Camat Ketungau Hilir, Lunsa Balu menyampaikan bahwa anak-anak ditimnya sudah mempersiapkan diri untuk ajang ini. Hanya saja Ketungau Hilir hanya mempersiapkan untuk yang kategori anak-anak, sedangkan untuk cabang dewasa belum ada peserta.

"Kita ingin capaian prestasi di MTQ ini akan baiklah, kita sudah ada yang sampai ke tingkat nasional, semoga kali ini akan bertambah lagi prestasi dari Ketungau Hilir ini," harapnya. (*)